Berbagai Macam Tes Dalam Psikotes Kerja

berbagai macam tes dalam psikotes kerja

Setelah tahap seleksi CV, biasanya perusahaan akan melakukan wawancara dan tes psikologi. Saat ini, sudah banyak perusahaan yang melakukan psikotes online karena lebih efisien.

Sebagian besar perusahaan memang melaksakan psikotes kerja sebagai salah satu tahap yang harus para pelamar lewati. Ada beberapa tes yang biasanya ada dalam psikotes untuk menyeleksi calon karyawan baru.

Berikut ini daftar nama tes yang ada dalam psikotes. Simak ulasannya sampai tuntas, ya!

Army Alpha Intelligence

Tes ini menyajikan soal yang berhubungan dengan kombinasi angka dan deretan angka. Army Alpha Intelligence Test berfungsi untuk melihat kemampuan pelamar dalam menerima instruksi dan memahami tugas yang harus mereka kerjakan nantinya.

Draw Man

Penggunaan tes seperti ini biasanya menyesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang terbuka. Tes ini meminta para pelamar untuk menggambar manusia sesuai dengan kemampuan dan kreatfitasnya.

Draw Man Test berfungsi untuk menilai peserta ujian dalam mengambil keputusan, apakah pelamar merupakan orang yang tegas atau ragu-ragu. Recruiter akan memberikan penilaian berdasarkan tarikan garis pada gambar tersebut.

The Myers Briggs Type Indicator

The Myers Briggs Type Indicator menjadi salah satu jenis psikotes yang perusahaan gunakan untuk mengenal lebih dalam para kandidatnya. Tes ini memiliki tujuan untuk mengukur preferensi psikologis dan mengetahui bagaimana cara orang dalam membuat keputusan dan memandang dunia.

Pada dasarnya, dalam tes ini aka nada 16 kepribadian. Hasil tes MBTI inilah yang nantinya akan menunjukkan kepribadian masing-masing kandidat.

Umumnya, dalam pengerjaan tes ini, akan ada beberapa pertanyaan berupa studi kasus yang harus kandidat jawab.

DICS Personality

DICS merupakan singkatan dari Dominance, Influence, Steadiness, and Compliance. Tes ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik seseorang dalam bekerja secara tim maupun individu.

Demikianlah beberapa jenis psikotes yang biasanya perusahaan gunakan untuk mencari karyawan baru. Meskipun begitu, tidak semua jenis psikotes terpakai karena semua tergantung kebutuhan perusahaan dan jobdesk pekerjaan yang sedang membuka lowongan.

Apabila perusahaanmu sedang melakukan proses rekrutmen dan ingin melakukan psikotes online. Kamu bisa menghubungi PT. Nirmala Satya Development.

Perusahaan ini siap mempermudah pengambilan keputusan dalam proses rekrutmen perusahanmu. Nirmala Satya Development menawarkan fitur sesuai kebutuhan dan sesi konsultasi gratis bersama tim yang profesional. Tidak hanya itu, kamu juga bisa custom psikogram sesuai form perusahaan.

Tunggu apa lagi? Segera kunjungi nsd.co.id dan dapatkan aplikasi psikotes online terbaik. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.