Situs Muhara

Kawasan JAWA BARAT

KABUPATEN SUMEDANG, Jawa Barat

Situs Muhara terletak di Kampung Muhara Desa Leuwihideung Kacamatan Darmaraja. Lingkungan situs ini terletak pada bentang lahan dataran, di daerah aliran sungai. Di situs ini terdapat dua makam keramat yaitu makam Eyang Narapati dan Eyang Martapati.

Makam Eyang Narapati terletak di sisi barat lahan situs. Jirat makam berupa tatanan batu berdenah empat persegi panjang. Nisan terbuat dari batu alam (menhir). Sementara makam Eyang Martapati berada di sebelah timur makam Eyang Narapati dengan jarak sekitar 20 meter. Jirat berupa struktur batu berdenah empat persegi panjang, dengan nisan terbuat dari batu alam.

Kedua tokoh ini diyakini sebagai prajurit Kerajaan Tembong Agung yang letak Kerajaannya tidak jauh dari Kampung Muhara. Di lahan yang dipercaya sebagai bekas alun-alun Kerajaan Tembong Agung terdapat pohon kiara (beringin). Di tempat ini terdapat Sumur Cikahuripan.

Berdasarkan data Komunitas Kabuyutan Sunda, ketinggian Situs Muhara berada pada titik elevasi 259 meter di atas permukaan laut. Sehingga dengan digenanginya bendungan Jatigede, Situs Muhara akan tenggelam.

Sumber : https://situsbudaya.id/situs-muhara/



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.9173, 108.0925
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam254
Wisata Buatan253
Wisata Budaya274
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional