Sosok Ibu, MyTrueHero Keluarga Dalam Mencegah Neuropati

ibu sebagai mytruehero dalam mencegah neuropati

Fungsi saraf tepi sangatlah penting, yaitu sebagai penghubung antara otak dan organ-organ tubuh. Misalnya, agar kaki bergerak, maka perintah tersebut akan disampaikan otak melalui saraf tepi ke organ kaki.

Menurut dokter spesialis saraf, dr. Manfaluthy Hakim SpS(K), ada beberapa faktor yang bisa merusak saraf tepi. Seperti penyakit diabetes, postur tubuh dan gerakan keliru yang dilakukan berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama. Gangguan saraf tepi itu disebut neuropati.

Gejala neuropati sendiri di antaranya kesemutan, kebas, nyeri, kram dan rasa terbakar. Apabila dibiarkan, kerusakan saraf bisa semakin parah dan menjadi penyebab kelemahan otot hingga kelumpuhan.

Ibu rumah tangga rentan mengalami gejala neuropati karena mengerjakan aktivitas rutin rumah tangga yang dilakukan berulang kali, seperti mencuci, memasak, menyapu, dan sebagainya. Apabila kegiatan di atas tidak dilakukan dengan posisi yang benar, bisa menyebabkan trauma pada saraf.

Untuk itulah, sosok ibu di rumah perlu mewaspadai neuropati ini. Karena, bukan hanya ibu yang rentan terkena risiko gangguan saraf tepi, anggota keluarga lain pun bisa berisiko yang sama. Berikut ini kegiatan yang bisa dilakukan ibu bersama keluarga untuk mencegah neuropati, di antaranya:

Olahraga Bersama

Olahraga secara rutin mampu memberikan manfaat kesehatan yang beragam. Termasuk risiko neuropati. Ibu bisa mengajak ayah dan anak-anak tercinta untuk berolahraga bersama.

Misalnya, di minggu pagi melakukan jogging atau bersepeda berkeliling kompleks rumah. Selain menyehatkan, kegiatan olahraga bersama ini juga bisa mengeratkan ikatan keakraban antara orang tua dan anak.

Membersihkan Rumah

Agar pekerjaan rumah tangga yang dilakukan ibu tidak terlalu berat, tidak ada salahnya untuk mengajak anggota keluarga lain untuk turut membantu. Ibu bisa membagikan jobdesk sesuai kemampuan, seperti ayah yang bertugas membetulkan atap, anak perempuan menyapu dan anak laki-laki mencuci piring atau mengepel lantai.

Hal ini juga akan membuat anak terlatih untuk bisa bekerja sama dengan orang lain. Selain itu, pekerjaan ibu jadi lebih ringan sehingga risiko neuropati bisa dihindari.

Tips Ngerti

Sebagai sosok MyTrueHero dalam keluarga, ibu juga perlu tahu apa saja tips Ngerti atau Tips Ngelawan Neuropati. Melansir dari laman Neurobion, tindak pencegahan neuropati bisa ibu lakukan dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih bersih dan sehat.

Mulai dari olahraga secara teratur, mengonsumsi makanan kaya akan vitamin B, menghindari konsumsi alkohol dan rokok, serta melakukan tindak pencegahan untuk mengatasi penyakit penyebab neuropati, misalnya diabetes.

Yuk ibu-ibu hebat, jalankan hidup sehat bersama keluarga agar terhindar dari gangguan neuropati!

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.