Premi asuransi: Mengulas Pengertian dan Jenis-jenisnya

Asuransi penting dimiliki oleh setiap orang terutama untuk kategori asuransi jiwa. Dalam asuransi, ada yang namanya premi asuransi yang merupakan besaran kewajiban yang harus dibayar para peserta asuransi ke perusahaan asuransi untuk jangka waktu yang sudah disepakati sebelumnya.

Umumnya besaran asuransi yang harus dibayarkan adalah tercatat pada polis asuransi yang diterima dari perusahaan asuransi. Saat ini, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya asuransi dan tentunya didukung dengan memang biaya asuransi yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Pengertian Premi Asuransi

Premi asuransi menurut UU Nomor 40 tahun 2014 adalah sejumlah uang yang ditetapkan perusahaan asuransi dan disetujui oleh pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan perjanjian asuransi. Premi pada asuransi adalah komponen penting karena merupakan kewajiban dari pihak tertanggung atau pemegang polis. Umumnya masa pembayaran premi adalah bulanan tetapi bisa juga dilakukan tahunan atau dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Kebijakan ini bisa berbeda-beda tergantung perusahaan asuransi.

Jenis Premi Asuransi

Setelah mengetahui apa itu pengertian dari premi asuransi, kini saatnya membahas jenis-jenis premi yang ada berdasarkan jenis asuransi.

Premi Asuransi Kesehatan

Yang pertama ada premi asuransi kesehatan. Premi asuransi ini akan dibayar oleh pihak pemegang polis agar bisa mendapatkan keuntungan seperti pertanggungan rawat, pengobatan, persalinan, rawat jalan hingga perawatan mata dan gigi. Besaran biaya asuransi kesehatan disesuaikan limit pertanggungan. Tergantung pula pada perusahaan asuransi.

Premi Asuransi Jiwa

Yang kedua asuransi jiwa, merupakan jenis asuransi yang biasanya dimiliki kepala keluarga, agar ahli waris atau penerima manfaat bisa mendapatkan uang pertanggungan sesuai kesepakatan yang ada dalam polis asuransi. Besaran premi biasanya dipengaruhi oleh jumlah pertanggungan yang dipilih. Bisa dibilang, semakin besar uang pertanggungan maka premi yang dibayar juga akan semakin besar

Premi Asuransi Mobil

Asuransi mobil seperti namanya tentu saja dimiliki oleh peserta asuransi yang memiliki kendaraan mobil. Asuransi jenis ini memiliki dua pilihan yaitu asuransi TLO dan all risk. Di mana kedua pilihan asuransi ini memiliki kelebihan masing-masing. Untuk asuransi TLO, memiliki kelebihan yaitu biaya asuransi yang lebih terjangkau karena pertanggungannya hanya untuk kerusakan di atas 75%.

Sementara untuk asuransi jenis all risk menekankan pertanggungan asuransi total untuk kerusakan ringan maupun kerusakan berat.

Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis asuransi ini memberikan pertolongan untuk kecelakaan diri yang dibayarkan peserta asuransi ke perusahaan asuransi agar bisa mendapatkan beberapa santunan karena kecelakaan.

Premi Asuransi Perjalanan

Untuk perjalanan bisnis ataupun travelling ada baiknya anda memilih asuransi perjalanan. Di mana para pemegang polis, bisa melakukan klaim ketika terjadi gangguan perjalanan, kecelakaan di perjalanan dengan tanggungan biaya medis, rawat inap sampai santunan. Preminya terbilang cukup terjangkau.

Kini tentu anda sudah tahu pengertian premi asuransi dan juga jenis-jenis premi dari asuransi. Selain 5 jenis asuransi di atas,n ada juga pilihan asuransi syariah di mana dana yang dikontribusikan dihibahkan oleh tertanggung untuk saling menanggung resiko.

PFI Mega Life merupakan salah satu perusahaan asuransi dengan kredibilitas tinggi dan memberikan pilihan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan. Untuk besaran premi yang harus dibayarkan, tentu saja sangat terjangkau dan besarannya tergantung dari jenis asuransi yang dipilih. Pastinya Anda harus memilih perusahaan asuransi ini karena merupakan pilihan banyak masyarakat Indonesia dengan jenis asuransi terbaik dan pastinya, mudah untuk klaim asuransi dari para pemegang polis.

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.