Mengupas Tuntas Makna Dalam Kain Ulos, Kain Khas Suku Batak

mengulas makna dalam kain ulos, kain khas suku batak

Kain ulos hadir menjadi sebuah solusi atas masalah yang Suku Batak rasakan. Pada zaman dulu, nenek moyang dari Suku Batak mayoritas hidup di daerah pegunungan yang mempunyai cuaca dingin.

Suku Batak waktu itu memiliki inisiatif untuk menyalakan api untuk mengusir rasa dingin dan mendatangkan kehangatan. Namun, langkah ini justru memberikan risiko lainnya, seperti kebakaran. Oleh sebab itulah, kain Ulos yang secara harfiah memiliki arti selimut, muncul dan terkenal di kalangan Suku Batak.

Kemana pun mereka pergi, mereka membawa kain ulos untuk melawan cuaca yang menusuk tulang. Perlu kamu tahu, kain ulos tidak hanya selembar kain saja, tetapi memiliki makna yang mengesankan.

Berikut ini beberapa makna dari sehelai kain ulos. Simak ulasannya sampai selesai, ya!

Lambang Kasih Sayang

Membutuhkan proses yang sangat lama untuk membuat kain ulos menjadi tenun yang istimewa. Setelah ratusan tahun, kain ulos menjadi ciri khas dan identitas budaya dari Suku Batak.

Kemudian, kain ulos mempunyai arti tersendiri. Kain ini sering tetua gunakan dalam beragam pertemuan adat maupun acara resmi. Tidak jarang, kain ulos juga menjadi hadiah sebagai bentuk sayang kepada mereka yang terkasih.

Penting dan Sakral

Saat ini, kain ulos menjadi kain dengan makna yang penting dan sakral. Pada tradisi Batak, terdapat upacara adat berupa ritual mangulosi yang tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang.

Upacara ulos ini harus terlaksana oleh garis keturunan yang lebih tinggi kepada mereka yang ada di bawahnya. Tidak hanya itu, warna ulos yang empat, yakni hitam, putih, merah, dan kuning harus sampai pada orang yang tepat pula.

Jadi, kapan kain bisa kita gunakan, ingin kita berikan kepada siapa, dan dalam upacara adat yang bagaimana. Semuanya sudah memiliki aturannya tersendiri dan tidak boleh kita tawar atau tukar.

Tanda Hormat

Orang yang berasal dari luar Suku Batak juga bisa menerima kain tenun tradisional ini. Kain ulos bisa menjadi tanda hormat kepada orang lain. Misalnya, Ketua adat memberikan kain ulos kepada presiden, menteri, atau pemimpin yang lainnya.

Harapannya, pemberiannya ini merupakan doa agar para pemimpin bisa melaksanakan tugasnya dengan rasa kasih sayang dan kebijaksanaan.

Demikianlah beberapa makna penting yang tersirat dalam sehelai kain ulos. Apabila kamu ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai kain ulos ini. Kamu dapat mengunjungi shanehijab.com. Di sana kamu akan mendapat pengetahuan seputar sejarah hingga harga kain ulos.

Kain ulos berasal dari Suku Batak merupakan kain tenun tradisional yang harus kita lestarikan dan jaga keberadaannya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.