Makanan yang Dilarang Serta Dianjurkan Untuk Penderita Bronkitis

Makanan yang Dilarang Serta Dianjurkan Untuk Penderita Bronkitis

Bronkitis adalah sebuah kondisi di mana bronkus (cabang tenggorokan) mengalami inflamasi. Radang tersebut lalu menimbulkan penyumbatan saluran udara kecil yang terhubung dengan paru-paru. Hal inilah yang menyebabkan munculnya gejala sesak nafas dan batuk berdahak.

Terdapat 2 jenis bronkitis yang perlu kita ketahui, yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis. Pada level bronkitis akut, batuk berdahak yang terjadi malah mengakibatkan saluran pernapasan terinfeksi. Sedangkan bronkitis kronis, jangka waktunya lebih lama dari level akut. Jika level akut kurang lebih 1 – 3 minggu, di level kronis bisa berlangsung sampai 3 bulan lamanya.

Bagi penderita bronkitis, disarankan untuk menghindari makanan yang bisa memperburuk penyakit bronkitis dengan menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat. Nah, apa saja makanan yang dilarang untuk penderita bronkitis serta apa saja yang dianjurkan? Yuk simak ulasan berikut ini!

Makanan yang Harus Penderita Bronkitis Hindari

Gorengan

Siapa yang tidak suka gorengan? Harganya yang murah dan mudah untuk mendapatkannya di mana saja membuat makanan satu ini menjadi camilan favorit masyarakat.

Namun, penderita bronkitis tidak bisa mengonsumsi gorengan. Sebab, kandungan lemak pada gorengan berisiko menyebabkan peradangan sekaligus membuat paru-paru teriritasi.

Susu dan Keju

Meskipun menjadi makanan sehat, nyatanya susu dan keju termasuk produk turunannya (es krim, yogurt, mentega, dan lain-lain) sangat tidak direkomendasikan bagi para penderita bronkitis.

Pasalnya, dua produk serta turunannya ini bisa meningkatkan produksi lendir yang berisiko memengaruhi sistem pernapasan.

Makanan Asin

Makanan asin atau yang mengandung banyak natrium seperti mi instan, snack, atau pizza haruslah dihindari oleh para penderita bronkitis. Karena, mengonsumsi makanan dengan kadar natrium yang tinggi dapat menyebabkan mereka kesulitan bernapas akibat retensi cairan di paru-paru.

Makanan Asam

Selain makanan asin, makanan asam juga sebaiknya tidak dikonsumsi penderita penyakit bronkitis yang juga mempunyai riwayat asam lambung (GERD). Mengonsumsi makanan asam dalam jangka waktu panjang berakibat menaikkan kadar asam lambung dan juga memperburuk penyakit bronkitis.

Makanan Sehat yang Dianjurkan Untuk Penderita Bronkitis

Apel

Apel memang merupakan sumber makanan tepat bagi pengidap bronkitis. Sifat antioksidan yang tinggi mampu membuat potensi serangan asma akibat bronkitis jadi berkurang. Bahkan, alergi juga bisa diatasi oleh antihistamin dan anti-inflamasi yang terkandung dalam buah apel.

Peppermint

Mengonsumsi peppermint sangatlah baik bagi penderita bronkitis karena mempunyai sifat dekongestan. Kandungan mentol di dalamnya berfungsi sebagai pengencer lendir pada paru-paru. Dengan begitu, penumpukan cairan di bagian paru-paru akan hilang secara perlahan melalui batuk produktif.

Jamur

Maitake, reishi, dan shiitake merupakan jenis-jenis jamur yang bisa penderita bronkitis konsumsi untuk pencegahan terjadinya rusak jaringan serta memulihkan bronkitis.

Senyawa lentian yang terkandung di dalamnya termasuk golongan antioksidan, sehingga mampu mendukung pencengahan jaringan paru-paru. Kerusakan jaringan tersebut umumnya terjadi atau terpicu karean radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Ikan

Mengonsumsi ikan yang kaya omega-3 mampu atasi dan kendalikan masalah bronkitis. Kesehatan paru-paru dan seluruh tubuh sangat bergantung pada zat nutrisi satu ini.

Studi telah membuktikan bahwa ikan serta minya ikan dengan kadar omega-3 tinggi, mampu menurunkan risiko penyempitan saluran pernapasan. Sehingga, penderita bronkitis dianjurkan untuk mengonsumsi ikan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dan efektif.

Demikianlah info kesehatan mengenai makanan yang dilarang serta dianjurkan untuk penderita bronkitis. Semoga bermanfaat, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.