Dampak Trust Issue Bagi Seseorang yang Mengalaminya

trust issue

Trust issue atau masalah kriris kepercayaan merupakan sebuah kondisi di mana seseorang atau individu kesulitan untuk percaya kepada orang lain. Masalah ini bisa terjadi di dalam keluarga, teman, bahkan pasangan. Biasanya, hal ini disebabkan trauma masa lalu, seperti masa kecil yang tidak bahagia, dan pernah dibohongi atau dikhianati oleh seseorang.

Tentunya, trust issue ini memberikan beberapa dampak yang berpengaruh dalam kehidupan seseorang. Jadi, kita tidak boleh meremehkan persoalan satu ini. Apa saja sih dampak yang akan diterima seseorang yang mengalami krisis kepercayaan? Yuk langsung simak pembahasannya di bawah ini!

Jadi Rentan Overthinking

Seseorang yang tengah mengalami krisis kepercayaan cenderung jadi mudah overthinking. Hal ini semakin diperkuat dengan rasa tidak percaya kepada orang lain, sehingga cenderung memikirkan tentang seseorang secara terus-menerus. Banyak pertanyaan-pertanyaan tentang orang tersebut, misalkan ‘apakah orang tersebut dapat dipercaya?’ atau ‘bagaimana kalau orang tersebut hanya memanfaatkan keadaan dan berniat jahat?’.

Pertanyaan-pertanyaan seperti itulah yang membuat orang dengan trust issue semakin takut dan membuat dia jadi sulit berinteraksi dengan orang baru. Pemikiran berlebihan atau overthinking tadi menajdi salah satu tindakan yang dapat meresahkan perasaan diri sendiri. Jika diteruskan, hanya akan membuat seseorang ini mengalami stres dan depresi.

Hidup Terasa Sepi

Meskipun dikelilingi banyak orang, nyatanya seseorang dengan trust issue akan merasa sendiri dan kesepian. Hal itu terjadi karena dia tidak ada keinginan untuk lebih terbuka pada orang-orang di sekitarnya. Seseorang tersebut takut bercerita mengenai masalah yang dia hadapi sehingga memutuskan untuk memendamnya sendirian.

Ada perasaan seolah dia mampu mengemban atau menopang masalahnya sendiri, tanpa bercerita bahkan meminta tolong pada orang lain. Sehingga, timbul pemikiran bahwa dia sendirian dan tidak ada yang bisa membantu dia untuk keluar dari masalahnya.

Padahal, hakikatnya manusia adalah makhluk sosial yang perlu menjalani hidup dengan bersosialisasi dan berinteraksi antar sesama, saling tolong-menolong dan sebagainya.

Hubungan Antarsesama Jadi Merenggang

Seperti yang telah disebutkan, orang dengan trust issue tidak mudah percata pada orang lain, termasuk orang-orang yang berada di sekitarnya. Hal ini akan membuat orang-orang tersebut berpikiran bahwa kehadiran mereka tidak dihargai, sehingga hubungan antarsesama jadi merenggang.

Perlu diingat, sebuah hubungan yang kuat terjalin atas rasa percaya dan komunikasi yang kuat pula. Jika tidak ada rasa percaya antara satu sama lain, hubungan akan mengalami kerenggangan. Hal ini juga berkaitan dengan kecerdasan sosial yang terbentuk oleh neurosains.

Kecerdasan sosial berarti sebuah kemampuan untuk mencapai kematangan kesadaran berpikir serta bertindak untuk menjalankan perannya sebagai makhluk sosial, yakni berinteraksi satu sama lain, saling membantu, toleransi, dan sebagainya.

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.