Apa Itu Wall Cladding? Cari Tahu Selengkapnya, Yuk!

Apa Itu Wall Cladding

Lagi cari-cari inspirasi buat dinding hunian, lalu ketemu wall cladding? Pernah mendengar istilah ini? Mungkin jarang, ya, terlebih buat kamu yang tidak bergelut di bidang desain interior. Menyadur Gravel, wall cladding diartikan proses penutupan maupun penambahan lapisan pada dinding hunian setelah diberi beton instan. Material yang biasa digunakan untuk wall cladding ini adalah batu veneer, metal, vinyl, Glass Reinforced Concrete (GRC), kayu, dan lainnya.

Fungsi Wall Cladding

Lantas, apa sebenarnya fungsi dari wall cladding? Mari, disimak pembahasannya di artikel ini, ya!

  • Melindungi cat hunian, wall cladding berguna untuk melindungi cat hunian supaya tidak mudah memudar. Terutama bagian dinding terluarnya yang kerap berubah menjadi kusam karena terkena sinar matahari langsung, hujan, dan angin kencang. Adanya wall cladding dapat membantu menjaga kecerahan dan warna cat.
  • Meningkatkan kenyamanan, wall cladding pun bermanfaat untuk meningkatkan kenyamanan di dalam hunian. Soalnya, beberapa jenis wall cladding dapat membantu mengurangi panas dan suara bising dari luar karena memiliki sifat akustik dan isolasi termal. Jadinya, hunian terasa semakin nyaman dan bebas bising.
  • Menambah estetika hunian, wall cladding juga dapat menambahkan keestetikan pada hunian dan mengubah tampilan dinding yang awalnya tampak monoton menjadi lebih menarik. Apalagi, memakai material kayu yang memberikan kesan hangat atau logam menawarkan kesan futuristik dan modern.

Kelebihan Wall Cladding

Nah, terdapat beberapa kelebihan yang ditawarkan kalau menggunakan wall cladding pada dinding hunian, di antaranya:

Struktur bangunan jadi kuat

Pertama, wall cladding dapat membantu memperkuat struktur bangunan karena dilengkapi dengan elemen-elemen yang dapat melindungi hunian dari berbagai hal. Mulai dari; udara, air, kotoran, polusi, dan lain-lain. Bahkan, tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrem dan mampu menahan guncangan.

Perawatannya sangat minim

Wall cladding yang terbuat dari bahan logam dan vinyl biasanya tidak membutuhkan perawatan khusus seperti pengecatan berkala. Maka dari itu, ini tentu dapat menghemat biaya perawatan dan menghemat waktu. Hunian pun menjadi semakin awet dan semakin tahan lama.

Punya banyak variasiĀ 

Tersedia berbagai jenis material, tekstur, dan warna dari wall cladding sehingga bisa lebih bebas memilihnya. Bahkan, pemasangannya pun bisa disesuaikan dengan desain yang diaplikasikan pada hunian. Misalnya, memilih desain Japandi, maka wall cladding yang cocok dipilih adalah jenis kayu untuk menambah kehangatan dalam hunian.

Itu dia penjelasan singkat mengenai wall cladding, fungsi, dan kelebihan yang ditawarkannya. Yuk, gunakan pada hunian!

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *