5 Cara Mencegah Stroke Ringan Hingga Berat Sejak Dini, Mudah

cara mencegah stroke ringan hingga berat sejak dini

Perubahan gaya hidup masyarakat dapat meningkatkan risiko stroke pada usia produktif dan usia lanjut. Oleh karena itu, tindakan preventif berupa penanganan prahospital mulai ditekankan pada orang sehat dan berisiko tinggi. Anda perlu mulai mempelajari cara mencegah stroke dan mempertimbangkan asuransi jiwa berjangka.

Dengan asuransi tersebut, Anda dapat mempersiapkan perlindungan apabila suatu saat nanti Anda harus meninggalkan keluarga secara mendadak. Sehingga, orang terkasih Anda tetap bisa meraih mimpi di masa depan. Bagaimana jika Anda masih sehat selama masa pertanggungan? Baca artikel ini sampai akhir untuk mengetahuinya!

5 Cara Mencegah Stroke Sedari Dini

Menurut Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, stroke menjadi penyebab kematian utama di Indonesia. Atas dasar tersebut, upaya pencegahan stroke perlu Anda lakukan sedini mungkin.

Mulai dari perbaikan hidup hingga pengendalian berbagai faktor risiko. Sebelum terlanjur jatuh sakit, lakukan beberapa cara pencegahan di bawah ini.

1. Atur Pola Makan Sehat

Cara pertama adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Jenis makanan terbaik dan ampuh sebagai pencegah stroke adalah seperti biji-bijian, kacang-kacangan, ikan, makanan yang tinggi asam folat, vitamin B6, B2, serta riboflavin.

2. Kelola Stres dan Istirahat yang Cukup

Selain itu, kendalikan pikiran Anda agar selalu positif. Melansir dari situs RS Sardjito, WHO menjelaskan bahwa jiwa yang sehat dapat Anda peroleh dengan menyelesaikan pekerjaan sedikit demi sedikit, bersikap ramah, mendekatkan diri pada Tuhan, dan mensyukuri hidup. Selain itu, beristirahatlah selama 6-8 jam dalam sehari.

3. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan secara Teratur

Sebenarnya cara mencegah stroke yang paling mudah adalah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Sebab, mengenali kondisi tubuh secara keseluruhan dalam pemeriksaan kesehatan rutin dapat mengurangi faktor pemicu stroke sedini mungkin.

4. Tingkatkan Aktivitas Fisik

Percaya atau tidak, meningkatkan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin, minimal 4-5 kali dalam seminggu, akan membuat tekanan darah Anda tetap stabil.

Jadi, sebaiknya berolahragalah secara rutin dalam intensitas yang ringan, seperti jalan pagi, bersepeda, dan berenang.

5. Tidak Merokok dan Mengonsumsi Makanan Tinggi Garam

Merokok dan mengonsumsi makanan tinggi natrium atau garam dapat memicu tekanan darah tinggi (hipertensi), penyempitan pembuluh darah, dan penyakit berbahaya lainnya.

Penyakit-penyakit tersebut memicu terjadinya stroke. Maka dari itu, konsumsilah garam tidak lebih dari 2.000 mg dalam sehari dan berhentilah merokok.

Ikuti Cara Mencegah Stroke agar Hidup Lebih Sehat!

Meskipun tergolong penyakit yang menyebabkan disabilitas nomor satu dan kematian nomor dua di dunia, cara mencegah stroke relatif cukup mudah. Anda juga dapat memberikan perlindungan sampai usia 80 tahun secara materiil pada keluarga Anda dengan asuransi jiwa berjangka dari FWD Insurance.

Jika Anda tetap sehat selama masa pertanggungan, maka Anda akan mendapatkan pengembalian premi sebesar 120% dari total premi dasar. Selain itu, ada manfaat perlindungan tambahan kematian atau cacat total hingga 10 kali lipat dari uang pertanggungan.

List Blog Keren Rajabacklink

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *