Gandrung Sewu

Kawasan Banyuwangi

KABUPATEN BANYUWANGI, Jawa Timur

Atraksi budaya Festival Gandrung Sewu disuguhkan masyarakat Banyuwangi ini menjadi magnet ribuan pelancong nusantara dan luar negeri. Keberhasilan dan menjadi destinasi pilihan mengunjungi Banyuwangi bisa dilihat dari kesuksesan menggelar Festival Gandrung Sewu yang dimulai sejak 2012. Festival yang diadakan di bibir Pantai Boom, Banyuwangi ini diikuti lebih dari seribu penari. Selain jumlah yang kolosal, konfigurasi tarinya yang ditampilkan pun berkelas dunia. Menteri Pariwisata pun menyatakan Festival Gandrung Sewu indah di kamera, sekaligus indah di offline.

Tahun 2018 Festival diadakan bulan Oktober dengan tema Layar Kumendung. Penonton tidak hanya akan menyaksikan kemegahan tarian, tapi juga fragmen drama kepahlawanan yang menyertainya. Kali ini  pertunjukan ini melibatkan sebanyak 1.173 penari, 64 penampil fragmen, dan 65 pemusik. Sangat kolosal.

Festival ini bukan saja berhasil mengangkat citra Kota Banyuwangi, sekaligus berkah ekonomi dari kedatangan wisatawan. Mulai dari warung pinggir jalan sampai restoran. Pengusaha penginapan hinga hotel juga mendapat tambahan pendapatan. Semudah itu menghitung  Festival Gandrung Sewu sebagai destinasi yang layak dikunjungi.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.2074, 114.3848
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam747
Wisata Buatan495
Wisata Budaya381
Taman Nasional16
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional