Gedung Gonggong

Kawasan Kepulauan Riau

KOTA TANJUNG PINANG, Kepulauan Riau

Sebagai ibukota dari Kepualuan Riau, Tanjungpinang adalah sentra pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Tanjungpinang memiliki atraksi yang lagi ngehits, Gedung Gonggong. Terletak di kawasan Laman Boenda, Gedung Gonggong memang hanya pusat informasi kebudayaan bagi para wisatawan yang tengah berkunjung ke kota Tanjungpinang. Gedung Gonggong ini menjadi salah ikon terbaru dari Tanjungpinang. Gedung Gonggong diresmikan pada akhir 2016 lalu. Diharapkan gedung tersebut menjadi gerbang wisata bahari di Kepulauan Riau.

 

Gonggong merupakan siput yang dijadikan ciri khas dari Kepulauan Riau. Sehingga banyak yang menjadikanya bahan dasar dari makanan khas hingga ikon Tanjungpinang. Yang menjadi daya tarik dari Tugu Gonggong ini adalah bentuknya yang menyerupai hewan yang menjadi bahan dasar makanan khas dari Kepulauan Riau.

 

Bentuk gedung ini melingkar, menyerupai gonggong berwarna emas. Seluruh dindingnya terbuat dari kaca yang tampak gelap dari luar. Masuk ke dalam, Gedung Gonggong memiliki dua lantai. Lantai pertama berisikan pusat oleh-oleh khas Tanjung Pinang , dilengkapi dengan televisi yang menampilkan selayang pandang Tanjungpinang. Sedangkan di lantar kedua terdapat museum mini dengan televisi berisikan informasi tentang kebudayaan di Tanjungpinang.



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Riau


Koordinat: 0.9273, 104.4382
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam11
Wisata Buatan12
Wisata Budaya7
Taman Nasional0
  • Share Via