Pulau Onrust

Kawasan Kepulauan Seribu

KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU, DKI Jakarta

Ratusan tahun umur kota Jakarta membuat banyak tempat bersejarah, termasuk di sekitar Kepulauan Seribu, salah satunya pulau Onrust.  Nama Onrust sendiri berasal dari bahasa Belanda yang berarti “tidak pernah beristirahat.” Makna itu bisa kita temui ketika mendarat di pulau dengan luas tidak sampai 20 hektar tersebut. Salah satunya, pengunjung bisa menyaksikan sebuah meriam yang umurnya 1700 tahun. Setua itu meriam dikarenakan Onrust pernah dijadikan benteng Belanda untuk menyerang Kota Jayakarta. 

Sisa sejarah yang lebih muda di Onrust adalah bangunan bekas transit jemaah haji tahun 1911 sampai 1933 sebelum ada pesawat terbang di Jakarta. Fungsi Onrust lainya juga bisa ditemui dari bekas 40 makam makam keramat baik dari makam Belanda maupun makam pemimpin pemberontakan DI/TII yaitu Kartosoewirjo. Sebagian sejarah keberadaan Onrust itu, oleh pemerintah dijadikan sebagai Suaka Taman Purbakala Kepulauan Seribu. 

Selain mengunjungi peninggalan bersejarah, pengunjung pulau Onrust lainya juga yang memilih menghabiskan waktu untuk berkemah sambil memancing. Spot pulau Onrust yang tidak terlalu ramai sengaja dipilih pemancing yang butuh kesunyian menyalurkan hobi setiap akhir minggu. Namun ada juga pengunjung yang memilih paket satu hari mengunjungi pulau lain di sekitar Onrust seperti pulau Cipir dan Kelor menggunakan kapal dari pantai Marina Ancol.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Suryo Wibowo



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -6.0338, 106.7351
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam250
Wisata Buatan202
Wisata Budaya166
Taman Nasional18
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional