Rumah Tabib

Kawasan Kepulauan Riau

KOTA TANJUNG PINANG, Kepulauan Riau

Bangunan yang tidak lagi beratap itu berdenah persegi panjang. Berukuran 12 x 8 meter, melintang tenggara-baratlaut 124,38 derajat. Sebagian besar dindingnya telah terkelupas. Menampakkan susunan bata merah yang terlihat rapuh. Ini adalah Rumah Tabib di Pulau Penyengat yang menyisakan susunan bata marah rapuh.

 

Di dinding tenggara dan baratlaut terdapat empat jendela yang posisinya sejajar secara vertikal dan horizontal. Sebagian dari jendela-jendela itu masih memerlihatkan kayu-kayu berbentuk persegi panjang, dengan ventilasi di bagian atasnya. Di tengah dindingnya tampak deretan lubang berbentuk persegi. Sepertinya berfungsi sebagai tempat balok-balok kayu penyangga lantai kedua.

 

Rumah Tabib Kerajaan ini merupakan salah satu objek wisata berupa cagar budaya yang ada di Kepulauan Riau. Meski keberadaannya sudah tidak seperti dahulu lagi, namun sampai saat ini masih banyak yang tertarik untuk mengunjungi dan menggali info mengenai cagar budaya ini.

 

Fasilitas yang disediakan di cagar budaya itu sendiri hanyalah guide yang merupakan penduduk setempat, mengingat pulau Penyengat termasuk pulau yang kecil di Riau



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Riau


Koordinat: 0.9304, 104.4164
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam11
Wisata Buatan13
Wisata Budaya7
Taman Nasional0
  • Share Via