Planetarium

Kawasan Jakarta

KOTA JAKARTA PUSAT, DKI Jakarta

Planetarium & Observatorium UP PKJ Taman Ismail Marzuki adalah gedung teater, dengan atap gedung biasanya berbentuk kubah setengah lingkaran, untuk memperagakan simulasi susunan bintang dan benda-benda langit. Di planetarium, penonton bisa belajar mengenai pergerakan benda-benda langit di malam hari dari berbagai tempat di bumi dan sejarah alam semesta.

 

Planetarium dan Observatorium ini berdiri tahun 1964 diprakarsai Presiden Soekarno dan diserahkan ke pemerintah provinsi DKI Jakarta pada 1969 adalah satu dari tiga wahana simulasi langit di Indonesia selain di Kutai, Kalimantan Timur, dan Surabaya, Jawa Timur. Planetarium tertua ini letaknya di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk dapat mengamati benda-benda langit menggunakan teleskop di dalam kubah Observatorium. Selain mengamati benda langit menggunakan teleskop, pengunjung dapat meminta penjelasan mengenai objek yang teramati teleskop, observatorium,dan hal-hal lain tentang astronomi. Pengunjung diajak mengembara di jagat raya untuk memahami konsepsi tentang alam semesta melalui acara demi acara. 

 

Di tempat ini juga tersedia ruang pameran benda-benda angkasa yang menyuguhkan berbagai foto serta keterangan lengkap dari berbagai bentuk galaksi, teori-teori pembentukan galaksi disertai pengenalan tokoh-tokoh di balik munculnya teori. Di ruang pameran ini, ada juga pajangan baju antariksa yang digunakan mengarungi angkasa, termasuk mendarat di bulan. Beberapa peralatan lain untuk pengamatan antariksa turut dipamerkan. 



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -6.1900, 106.8389
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam103
Wisata Buatan111
Wisata Budaya148
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional