Petak Sembilan

Kawasan Jakarta

KOTA JAKARTA BARAT, DKI Jakarta

Satu tempat wisata yang belum terlau biasa untuk dikunjungi, yakni Pecinan Petak Sembilan yang berlokasi di jalan Kemenangan III 13, Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat. Petak Sembilan bisa dikatakan sebagai pusat aktivitas etnis Tionghoa di Batavia (sekarang Jakarta) mulai dari aktivitas sosial, ekonomi, budaya dan keagamaan terdapat di tempat ini, Hal ini dibuktikan dengan adanya pasar Petak Sembilan dan vihara Dharma Bhakti yang muncul sebagai simbol peradaban etnis Tionghoa di kawasan ini. 

 

Di Pasar Pecinan, Anda akan menemukan banyak bahan masakan yang tidak dijual di pasar tradisional lain, seperti katak (baik yang masih hidup maupun siap masak), berbagai jenis jamur dan rempah, akar-akaran, bahan jamu, dan lain sebagainya. Pasar Pecinan juga terkenal dengan toko-toko obat tradisional Tiongkok. Ada juga Gang Gloria, tempat berbagai jenis kuliner dijual. Pilihannya pun cukup lengkap, mulai dari daging, sayuran, vegetarian, hingga chinese food, semuanya dapat ditemukan di berbagai warung dan depot di sana.

 

Vihara Dharma Bhakti merupakan salah satu dari tiga wihara tertua yang digunakan oleh umat Buddha beretnis Tionghoa untuk beribadah di Jakarta. Dulu, wihara ini sempat dikenal dengan nama Kim Tek Ji. Ketika terjadi tragedi pembantaian etnis Tionghoa pada tahun 1740, Vihara Dharma Bhakti mengalami kebakaran hingga seluruh bangunannya hangus. Lima belas tahun kemudian, wihara ini pun kembali dibangun oleh Kapitein Oei Tjhie.



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -6.1437, 106.8130
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam69
Wisata Buatan95
Wisata Budaya101
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional