Benteng Somba Opu

Kawasan Makassar

KABUPATEN GOWA, Sulawesi Selatan

Selain Benteng Fort Rotterdam, di Makassar juga terdapat Benteng Somba Opu yang terletak di sebelah selatan pesisir tepatnya berada di Kabupaten Gowa, berbatasan dengan wilayah Kota Makassar. Benteng ini juga sebagai simbol perlawanan saat melawan penjajahan Belanda dulu. Benteng Fort Rotterdam dan Benteng Somba Opu sama-sama menjadi saksi sejarah Makassar dan Kerajaan Gowa dalam melawan penjajah Belanda. 

 

Didirikan  pada awal abad ke-16, tepatnya pada tahun 1525 atas usaha Raja Gowa ke-9 Daeng Matanre Karaeng  Tumaparisi’ Kallonna yang kemudian dilanjutkan oleh Karaeng Tunipalangga Ulaweng. Benteng ini dipersenjatai dengan meriam-meriam berkaliber berat pada setiap sudut bastion, Salah satunya masih ada di benteng ini, sebuah meriam yang panjangnya sekitar 9 meter.

 

Benteng  dengan luas 113.590 meter persegi ini diapit diantara dua sungai, yaitu Sungai Balang Baru dan Sungai Jene’berang.  Pada masanya tempat  ini juga pernah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah dan pelabuhan. Banyak pedagang baik dari daerah lain seperti Bugis-Makassar, Melayu, Asia dan bahkan Eropa melakukan perdagangan. Kini Benteng Somba Opu telah menjadi sebuah objek wisata bersejarah. Didalamnya terdapat beberapa bangunan rumah adat Sulawesi Selatan, serta ada sebuah museum yang berisi benda- benda bersejarah peninggalan Kesultanan Gowa.



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -5.2041, 119.4760
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam61
Wisata Buatan24
Wisata Budaya35
Taman Nasional2
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional