Tanjung Lesung

Kawasan Tanjung Lesung

KABUPATEN PANDEGLANG, Banten

Ingin wisata pantai yang disekitar Jakarta, datanglah ke daerah Pandegelang. Tanjung Lesung yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini mendapat julukan The Sunset of Java Tanjung cocok bagi Anda yang yang ingin mencari ketenangan. Tanjung Lesung di  Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten hanya berjarak sekitar 128 km dari Jakarta. Mudah ditempuh dari kota berdekatan dengan Jakarta.

 

Pantai yang menghadap ke Samudra Hindia dari bentuknya seperti penumbuk padi terlihat menjorok ke laut, maka dinamai Lesung. Pelancong bisa melakukan  snorkeling dan diving, dan mengalami pengalaman secara berdekatan dengan berbagai macam penghuni laut nan indah. Belum puas mau menyelam bisa mencoba keindahan bawah laut di Pulau Liwunga. Apalagi pantainya menjadi salah satu lokasi konservasi terumbung karang. Bayangkan keindahan laut itu bisa ditemukan tanpa harus ke laut timur Indonesia.

 

Selain keindahan keindahan pantainya. Destinasi Kawasan Tanjung Lesung lainnya adalah wisata budaya Desa Cikadu.  Potensi yang bisa dinikmati di antaranya kerajinan batik Cikadu serta agrowisata salak purus. Destinasi wisata lainnya, sebut saja, Kawasan Tua Banten, Kebudayaan Suku Baduy, Taman Nasional Ujung Kulon serta Gunung Krakatau, yang letaknya tak terlalu jauh dari kawasan ini.

 

Khususnya Ujung Kulon  wisata alam dengan banyak pilihan dan menawan hati seperti mendatangi dan menyaksikan dari dekat hewan-hewan liar di Taman nasional  Ujung Kulon  berkumpul di Padang Rumput Cidao Ingin merasakan suasana pantai berpasir putih, datangilah Pulau Peucang, salah satu pulau di Ujung Kulon. Pulau lain mempunyai keunikan sendiri. Seperti Pulau Umang  yang membuat  wisatawan bakal menginap lama menikmati perairan birunya nan jernih, pasir putih serta ombak yang tenang. Pulau lain juga tak kalah menawan seperti Pulau Handeleum dan Pulau Panaitan cocok untuk olah raga air sambil meikmati keindahan bawah laut.

 

Cara Menuju Kawasan Tanjung Lasung

Jalur Udara
Prasarana udara menuju Tanjung Lesung bisa melalui bandara Soekarno Hatta dilanjutkan mencarter kendaraan pribadi menuju kawasan Merak

 

Jalur Darat
Jalur darat menjadi pilihan utama menuju Kawasan Tanjung Lesung. Dari Jakarta bisa menggunakan bus atau kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 2,5-3 jam. Rutenya: Jakarta-Merak ke luar pintu Gerbang Tol Serang Timur. Lanjutkan perjalanan ke arah Kota Pandeglang dan Labuan hingga berakhir di Pantai Tanjung Lesung. Rute lain, Jakarta-Merak keluar melalui Gerbang Tol Cilegon, lanjutkan perjalanan menyusuri pesisir Anyer-Carita ke arah Labuan dan berakhir di Pantai Tanjung Lesung.

 

TIPS

* Walaupun letaknya tidak terlalu jauh deri Kota Jakarta, namun berangkat lebih pagi menjadi pilihan tepat. Karena pengunjung masih bisa menikmati destinasi lain tanpa perlu menambah hari selama di Tanjung Lesung.
* Membawa uang cash sangat diharapkan. Sebabnya fasilitas anjungan tunai atau ATM masih sangat jarang dan hanya tersedia di kota.
* Wisata bawah air Tanjung lesung sangatlah indah, jadi mencoba snorkeling lebih baik pada pagi hari. Udara cerah dan laut jernih sangatlah bagus untuk wisata bawah laut. Selain itu merencanakan snorkeling pagi hari juga menghindari antrian.



Destinasi lain di Kawasan Banten


Koordinat: -6.4786, 105.6558
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam57
Wisata Buatan60
Wisata Budaya34
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional