Kampung Gedong Bangka

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BANGKA, Kepulauan Bangka Belitung

Jika berliburan ke Pulau Bangka, mampirlah ke sebuah desa wisata di kawasan utara pulau ini. Desa wisata bernama Kampung Gedong ini berlokasi di kecamatan Kuto Panji, kabupaten Bangka, provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kampung Gedong berjarak sekitar 50 km dari Sungailiat atau sekitar 15 km dari kota Belinyu. Kampung Gedong merupakan kampung pecinaan paling awal yang ada di Bangka. Kampung ini telah ditetapkan sebagai desa wisata oleh pemerintah daerah Bangka sejak tahun 2000.

Apabila datang ke Kampung Gedong, pemandangan utama yang akan ditemui adalah rumah-rumah kayu tua serta deretan kempelang (krupuk) yang sedang dijemur, baik yang sudah diiris maupun yang belum. Kampung Gedong dikenal sebagai salah satu penghasil kempelang Belinyu yang terkenal. 

Di Kampung Gedong terdapat sekitar 70-an rumah. Rumah-rumah kayu dengan arsitektur khas Cina lengkap dengan tempat pemujaan di halaman depan rumah, serta kelenteng dengan warna merah menyolok merupakan pemandangan yang akan kamu dapati di desa wisata ini. Diantara rumah-rumah tersebut, terdapat 7 rumah yang usianya sekitar seabad dan masih mempertahankan keasliannya baik arsitektur maupun bahannya. Rumah-rumah kayu tersebut dibangun tanpa menggunakan paku, tetapi menggunakan pasak kayu. Biasanya, pada pintu rumah-rumah tersebut akan terlihat tahun pembuatan rumah.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.7402, 106.4445
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam179
Wisata Buatan33
Wisata Budaya52
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional