Masjid Jamik Pangkalpinang

Kawasan Bangka Belitung

KOTA PANGKAL PINANG, Kepulauan Bangka Belitung

Masjid Jamik merupakan salah satu masjid terbesar di Pangkalpinang, dibangun pada tanggal 3 Syawal 1355 H atau bertepatan dengan tanggal 18 Desember 1936 M. Masjid tua di Propinsi Bangka Belitung ini berlokasi di pusat Kota Pangkalpinang, berada diantara jalan Kampung Dalam, di bagian timur, dan jalan Kenangan, di bagian barat.

Bangunannya bertingkat tiga, pada bagian bawah dipergunakan untuk sholat dan pengajian. Di bagian tingkat tengah berfungsi sebagai tempat menyimpan kitab-kitab kuning, buku-buku agama, tikar dan alat perlengkapan masjid lainnya, sedangkan di bagian tingkatan atas berfungsi sebagai menara untuk Muazin mengumandangkan azan.

Salah satu keunikan masjid Jamik adalah antara tangga depan (berbentuk setengah lingkaran) dengan atapnya dihiasi oleh tiang penyangga kecil sebanyak 6 tiang (3 tiang di sebelah kanan dan 3 tiang di sebelah kiri) dapat diartikan sebagai Rukun Iman. Masjid memiliki 4 tiang utama sesuai jumlah khalifaturrasyidin, memiliki 5 pintu masuk, 3 di depan dan 1 disamping kiri dan 1 di samping kanan serta terdiri atas 3 undakan atau tingkatan dengan 1 kubah. Masjid Jamik adalah salah satu Cagar Budaya Kota Pangkalpinang.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.1299, 106.1118
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam184
Wisata Buatan33
Wisata Budaya52
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional