Pantai Tanjung Penyusuk

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BANGKA, Kepulauan Bangka Belitung

Seperti pantai-pantai lain di Pulau Bangka, Pantai Penyusuk juga menyajikan pasir putihnya, dengan susunan–susunan batu granit besar dan kecil. Bebatuan granit di pantai ini lebih banyak dari pada pantai lain di pulau Bangka, bahkan dapat dikatakan, hampir 70 %  pantai yang terbentang seluas ± 4 km ini tertutupi batu granit. 

Terletak di Desa Penyusuk, Kelurahan Bukit Ketok dan berjarak ± 25 km dari pusat kota Belinyu kearah utara pulau Bangka, Pantai Tanjung Penyusuk atau lebih dikenal dengan nama Pantai Penyusuk. Perjalanan yang ditempuh menuju lokasi pantai ini ± 15 menit menelusuri jalan beraspal hingga ke pantainya.

Empat buah pulau yang kecil dan indah tersebut berjajar dengan cantik dan membuat pantai ini seolah terlindungi dari derasnya gelombang air laut. Salah satunya yang paling terkenal adalah Pulau Lampu. Disebelah barat Pulau Lampu ada Pulau Putri yang juga menghadirkan keindahan tak kalah dengan Pulau Lampu. Untuk menuju pulau–pulau ini, kita dapat menyewa perahu nelayan setempat. Karena arus lautnya sangat tenang, maka pantai ini sangat cocok untuk tempat bermain bagi anak–anak atau bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk bersantai dan bermain dengan air. 

Di kawasan Pantai Penyusuk ini Anda dapat menemukan sebuah pelabuhan yang tampak seperti sudah tak lagi berfungsi yaitu pelabuhan Tanjung Gudang, pelabuhan yang penuh dengan sejarah untuk masyarakat Kepulauan Bangka Belitung. Pantai Penyusuk.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -1.5288, 105.7045
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam178
Wisata Buatan33
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional