Pantai Rebo

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BANGKA, Kepulauan Bangka Belitung

Garis pantai yang membentang sepanjang puluhan kilometer dengan tekstur tanah yang berbukit-bukit membuat pantai ini, Pantai Rebo, lokasi yang tepat untuk menikmati sunrise. Pantai Rebo terletak di Dusun Rebo, Desa Kenanga, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Berjarak hanya sekitar 8 km dari Kota Sungailiat, ibukota Kabupaten Bangka Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, atau 15 Km dari Kota Pangkalpinang. Bentangan bebatuan granit yang berdiri dalam berbagai posisi seakan menyediakan meja bahkan tempat tidur.

Dari kejauhan tampak puluhan tambang apung mengambang di atas permukaan laut, dan begitu hari mulai beranjak siang, beberapa di antaranya mulai beroperasi dan mengeluarkan suara-suara mesin penyedot pasir yang masih banyak mengandung timah. Pantai ini sebenarnya merupakan daerah wisata bahari yang dahulu ingin dikembangkan oleh Pemda Kabupaten Bangka. Sayangnya karena kurang perhatian dan ketegasan wisata bahari di Pantai Rebo hampir luluh lantak karena adanya tambang inkonvensional apung dan darat.

Dulu (tahun 1990-an) di kawasan pantai ini dibangun dermaga sebagai tempat menambatkan perahu nelayan dan dibangun pondok-pondok sebagai tempat bersantai dan berteduh sambil menikmati keindahan pantai. Berlatar Bukit Rebo yang hijau, berpasir putih dan air lautnya yang biru jernih, Pantai Rebo menjadi salah satu aset wisata bahari penting di Kabupaten Bangka saat itu.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Iqbal Lubis



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -1.5587, 105.7227
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam178
Wisata Buatan33
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional