Atraksi Skilot

Kawasan JAWA TIMUR

KABUPATEN PASURUAN, Jawa Timur

Wisata budaya sering dipilih pelancong mendatangi salah satu daerah, alasanya sudah tentu mencari tontonan yang menarik dan tidak ditemukan di daerah lain. Begitu juga dengan Pasuruan mempunyai tradisi yang sudah dikenal sejak lebih dari 30 tahun lalu, yaitu Ski Lot, sebuah ajang  tontonan seru yang bermula dari kebiasaan para nelayan mencari kerang di pinggir pantai, untuk mempermudah perjalanan warga menggunakan papan seluncur. 

Bagi warga sebutan ski lot bersumber dari paduan dua kata berbeda bahasa, yaitu Sky dalam bahasa Inggris dan lot atau celot dalam bahasa madura. Sehingga diartikan bahwa Ski lot berarti meluncur di atas lumpur. 

Atraksi ini biasanya dilakasanakan oleh warga nelayan di kawasan pantai Desa Lekok, Pasuruan pada saat lebaran ketupat atau  hari ketujuh usai lebaran Idul Fitri. Pada hari itu, berbekal sebilah papan dengan ukuran panjang satu meter dan lebar 40 sentimeter, mereka meluncur di atas lumpur mengitari sawah sepanjang 30 meter. Untuk memudahkan pergerakan, satu kaki berada di atas papan, sedangkan satu kaki lainnya mendorongnya di atas lumpur.  Pada awalanya lomba ini hanya diikuti oleh orang dewasa, namun saat ini dapat diikuti oleh anak-anak.

 

sumber: TEMPO, datatempo.co/Aris Novia Hidayat



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.6659, 113.0131
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam517
Wisata Buatan325
Wisata Budaya203
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional