Desa Tomok

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN SAMOSIR, Sumatera Utara

Tomok menjadi salah satu tempat populer menikmati Pulau Samosir. Desa yang menjadi salah satu pintu gerbang memasuki pulau Samosir melalui Pelabuhan Ajibata ini mempunyai keunggulan beragam destinasi wisata khas Samosir. Pasar Tomok. Sepanjang satu kilometer kita mendapati pemandangan deretan bangunan khas Samosir yang dijadikan kios-kios. Warga banyak menjajakan cinderamata seperti baju, ulos, patung, gelang, gantungan kunci bertema Samosir.

Pulau Samosir memiliki peninggalan zaman purbakala berupa kuburan batu dan desa tradisional, Bukti nyata di pulau Samosir ini terdapat Komplek Pemakaman Batu Raja Sidabutar dan Kursi Persidangan Batu Kampung Raja Sialagan. Komplek pemakaman batu Raja Sidabutar terletak di desa Tomok, sedangkan kampung persidangan batu raja Sialagan terletak di desa Ambarita, Secara administratif, Desa Tomok dan Desa Ambarita termasuk ke dalam wilayah kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.  

Keluar desa sedikit kita bisa menemui pertigaan Ambarita, yaitu sebuah hamparan padang rumput di bukit Samosir yang sangat indah sekali. Layak untuk ber-selfie sambil melihat air biru Danau Toba. Dengan ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut, tempat sejuk ini banyak disamakan dengan savana di Selandia Baru.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Tony Hartawan



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 2.6122, 98.8638
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam69
Wisata Buatan81
Wisata Budaya42
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional