Pagoda Shwedagon

Kawasan Danau Toba

KABUPATEN KARO, Sumatera Utara

Pengikut Budha sudah pasti mengetahui Pagoda Shwedagon, sebuah tempat ibadah yang paling suci di Kota Yangon, Myanmar. Namun sekarang penganut Budha di Indonesia tidak perlu pergi jauh ke Myanmar, cukup datanglah ke daerah Berastagi. Tepatnya di Kabupaten Karo ternyata juga mempunyai destinasi religi tidak kalah cantik dengan daerah lain yang mempunyai masjid megah atau patung orang suci.

Kali ini, pelancong agama maupun pengunjung biasa juga bisa mampir ke Taman Alam Lumbini di Desa Tongkoh, Kecamatan Dolay Rayat. Sejak tahun 2010 lalu diresmikan sebuah Pagoda Emas dengan tinggi 42 meter lebih. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah bagi umat Buddha, sekaligus tempat wisata bagi masyarakat umum. Pengunjung biasanya ramai memadati Pagoda ketika hari-hari suci, namun hari lain pengunjung bisa bebas mengunjungi pagoda tersebut. Komplek replika Pagoda Shwedagon mempunyai 2.958  rupang atau lambang dari kebuddhaan serta 108 relik suci. Kesemua itu dibawa langsung dari Myanmar.

Pengunjung yang datang harus melewati sebuah jembatan gantung yang diberi nama Titi Lumbini. Jembatan sepanjang 20 meter dipadukan dengan deretan lentera yang bergelantungan. Anda bisa langsung berswafoto sebelum sampai di Pagoda. Replika Pagoda Shwedagon di Myanmar dengan tinggi 42 meter itu sudah dinobatkan menjadi pagoda tertinggi dan terbesar di Indonesia. Walaupun pengunjung yang masuk pagoda tidak bisa mengabadikan foto, cukup di luar pagoda, pengunjung masih bisa berpose dengan latar pagoda berwarna emas tersebut.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Dhemas Reviyanto Atmodjo



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: 3.1961, 98.5408
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam99
Wisata Buatan85
Wisata Budaya52
Taman Nasional5
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional