Pulau Lengkuas

Kawasan Bangka Belitung

KABUPATEN BELITUNG, Kepulauan Bangka Belitung

Pulau yang berjarak 30 menit menggunakan kapal dari Tanjung Kelayang ini menjadi ikon Belitung. Kenapa menjadi ikon Belitung, karena sebuah mercusuar yang mendiami Pulau Lengkuas. Tour Hopping Island, Pulau Lengkuas berada diurutan kedua destinasi keliling pulau Tanjung Kelayang. Bangunan mercusuar itu seolah menjadi tugu selamat datang bagi para pelancong yang menaiki kapal-kapal kayu.

Sebelum menapaki Pulau Lengkuas, pelancong Hopping Island berhenti untuk menikmati keindahan bawah laut perairan Lengkuas.  Spot snorkeling yang umumnya didatangi para wisatawan berada di sebelah kiri Pulau Lengkuas. Biota lautnya menarik karena tidak begitu dalam, kurang lebih hanya 2-5 meter.  Arusnya pun cukup tenang, jadi tanpa peralatan fins tidak akan terbawa arus. Belum puas bagi penikmat wisata menyelam bisa mendatangi kedalaman 22 meter dam menemukan  bangkai kapal Indomarine yang tenggelam tahun 1999. Kapal membawa hasil bumi itu banyak didatangi ikan sehingga nelayan menyukai titik tenggelamnya kapal Indomarine.

Terakhir jangan lupa menikmati kekhasan Pulau Lengkuas lainya, yaitu timbunan bebatuan granit yang biasa di pantai Belitung. Batu-batu berukuran sampai puluhan orang dewasa itu berada di depan dan sebelah kiri mercusuar. Spot foto langsung dapat dibayangkan pelancong dengan latar mercusuar yang menculang tinggi dan rimbunan bebatuan granit yang seperti menghimpit tubuh ketika berselfie di Lengkuas.

 

sumber: TEMPO



Destinasi lain di Kawasan Kepulauan Bangka Belitung


Koordinat: -2.5592, 107.6695
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam182
Wisata Buatan33
Wisata Budaya53
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional