Stasiun Tambun

Kawasan JAWA BARAT

KABUPATEN BEKASI, Jawa Barat

Stasiun Tambun (TB) merupakan stasiun kereta api kelas III/kecil yang terletak di Mekarsari, Tambun Selatan, Bekasi. Stasiun yang terletak pada ketinggian +19 meter ini termasuk dalam Daerah Operasi I Jakarta. Stasiun ini memiliki empat jalur kereta api dengan jalur 2 dan 3 sebagai sepur lurus.

Stasiun ini juga berfungsi sebagai tempat istirahat sementara untuk Rangkaian KRL Bandara ARS Soekarno-Hatta sebelum dipersiapkan pemberangkatannya di Bekasi.

Sejarah stasiun lama Tambun yang berstatus cagar budaya dan telah dihancurkan erat kaitannya dengan Gedung Juang Tambun yang memiliki status yang sama. Pada masa perang kemerdekaan Gedung Juang Tambun digunakan sebagai tempat perundingan pertukaran tawanan perang, ketika para pejuang kemerdekaan Indonesia yang tertangkap dikembalikan ke wilayah Indonesia melalui Bekasi, sementara serdadu Belanda yang tertangkap dikembalikan oleh para pejuangan kemerdekaan Indonesia ke Batavia dengan kereta api melalui Stasiun Tambun yang lama yang lintasan relnya tepat berada di belakang gedung. Stasiun Tambun pada sisi selatan berbatasan dengan bangunan tersebut.

Sumber : https://situsbudaya.id/stasiun-tambun/



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.2596, 107.0555
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam320
Wisata Buatan427
Wisata Budaya363
Taman Nasional16
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional