Stasiun Sudimara

Kawasan Jakarta

KOTA TANGERANG SELATAN, Banten

Sudimara adalah stasiun kereta api kelas III yang terletak di Jombang, Ciputat, Tangerang Selatan. Stasiun ini berada di Daerah Operasi I Jakarta dan terletak di petak antara Stasiun Jurangmangu dan Stasiun Rawabuntu. Saat ini stasiun yang memiliki tiga jalur rel itu setiap harinya menjadi tempat perhentian kereta listrik Commuter Line rute Tanah Abang-Serpong-Maja dan kereta api lokal Patas Merak. Selain itu, kereta api ekonomi lain yang melintas langsung di Stasiun Sudimara adalah kereta api Rangkas Jaya (Tanah Abang-rangkasbitung), Kalimaya (Tanah Abang-Merak), Krakatau (Merak-Madiun), dan kereta api barang.

Jalur kereta api yang melintasi Sudimara dibangun oleh Burgerlijke Openbare Werken/BOW (sekarang Kementerian PU) berdasarkan surat keputusan Gubernur Jenderal yang tertuang dalam Lembaran Negara (Staatsblad) Nomor 180 tanggal 15 Juli 1896. Dalam proyek tersebut, lintas yang dibangun BOW meliputi Batavia Zuid-Duri, dengan percabangan menuju Tangerang dan Duri-Tanah Abang-Sudimara-Rangkasbitung-Merak-Anyer Kidul. Perhentian (Stopplaats) Sudimara diresmikan bersamaan dengan pembukaan lintas Tanah Abang-Rangkasbitung pada 1 Oktober 1899. Sejak zaman kolonial, Stopplaats Sudimara yang kemudian berubah status menjadi Halte itu umumnya melayani warga setempat yang berdagang hasil perkebunan tradisonal mereka ke Batavia dan Tanah Abang. Pada 16 Maret 1954, Direksi Djawatan Kereta Api menaikkan status Halte Sudimara menjadi Stasiun Kelas IV. Pada peristiwa kecelakaan maut di Bintaro 19 Oktober 1987, Stasiun Sudimara menjadi lokasi keberangkatan terakhir rangkaian kereta api lokal 225 Rangkasbitung-Jakarta Kota sebelum bertabrakan frontal dengan kereta api Patas menuju Merak. Dua puluh tahun setelah tabrakan tersebut, proyek jalur ganda yang melintasi Stasiun Sudimara baru diresmikan oleh Presiden RI pada 4 Juli 2007.

Stasiun Sudimara (lingkaran merah) tampak dalam peta Dinas Topografi Hindia Belanda pada 1909 (Stopplaats) dan 1913 (Halte).

Sumber : https://heritage.kai.id/page/Stasiun%20Sudimara



Destinasi lain di Kawasan Banten


Koordinat: -6.2970, 106.7128
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam148
Wisata Buatan296
Wisata Budaya150
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional