Monumen Raja Sang Naualuh Damanik

Kawasan Danau Toba

KOTA PEMATANG SIANTAR, Sumatera Utara

Naulah Damanik adalah seorang Raja yang berjuang menantang penjajahan Belanda untuk melepaskan rantai penjajahan. sehingga beliau dibuang ke Bengkalis pada tahun 1906 dan berakhirlah perjuangan selama lebih kurang 18 tahun melawan kekuaaan penjajahan Belanda.

Raja Sang Naualuh mangkat di Bengkalis tahun 1914. Selama memimpin Kerajaan Siantar, Raja Sang Naualuh sangat dicintai rakyatnya. Ia juga dikenal sebagai pelopor, penganut dan pelindung agama Islam, khususnya di Kerajaan Siantar. Di samping itu, Raja Sang Naualuh merupakan perintis pembangunan kota Pematang Siantar.

Lokasi makamnya berada di tanah wakaf Syech Budin Bin Senggaro beralamat di jalan Bantan desa Senggaro kecamatan Bengkalis kabupaten Bengkalis Riau. Hingga saat ini makam Raja Siantar, Sang Naualuh terawat dengan baik, bahkan pada 2015 ini Pemkab Simalungun telah mereno­vasi makam dengan bangunan yang bercirikhas Simalungun.

Hingga saat ini makam Raja Siantar ini masih terawat baik dan sering dikunjungi para peziarah, baik itu peziarah dari Bengkalis, maupun yang datang dari Pematang Siantar dan Kabupaten Simalungun.

 

sumber: TEMPO



Destinasi lain di Kawasan Sumatera Utara


Koordinat: -6.2297, 106.8295
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam162
Wisata Buatan382
Wisata Budaya176
Taman Nasional12
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional