Makam Raja Aceh

Kawasan ACEH

KOTA BANDA ACEH, Aceh

jasad raja-raja Aceh keturunan Bugis maupun keluarganya, yakni: Sultan Alauddin Ahmad Syah, Sultan Alauddin Johan Syah, Sultan Muhammad Daud Syah (1874-1903), dan Pocut Muhammad. Sultan Ahmad Syah adalah Sultan pertama dari Dinasti Aceh-Bugis dan sekaligus merupakan Sultan yang ke-23 dari Kesultanan Aceh Darussalam yang memerintah dari 1727 sampai 1735. Sebelum tahun 1727, beliau bergelar Maharaja Lela Melayu. Sultan Alauddin Johan Syah adalah anak dari Sultan Alauddin Ahmad Syah. Sebelum diangkat menjadi sultan, beliau dikenal sebagai Pocut Aoek. Beliau memerintah Kesultanan Aceh Darussalam dari 1735 hingga 1760.

Berdasarkan catatan sejarah yang ada, awal dari Sultan Aceh berdarah Bugis dimulai dengan pernikahan Sultan Iskandar Muda dengan Putroë Suni, anak Daeng Mansyur. Daeng Mansyur sendiri merupakan menantu dari Teungku Chik Di Reubee. Sultan Iskandar Muda memerintah dengan sangat bijak sehingga Kesultanan Aceh Darussalam mencapai masa gemilang.

Perkawinannya dengan Putroë Suni, beliau dikaruniai seorang anak perempuan bernama Safiatuddin Syah. Setelah dewasa, Safiatuddin Syah dipersunting oleh Iskandar Thani dari Pahang. Dari sinilah, permulaan adanya pemerintahan Sultan dan Sultanah Aceh keturunan Bugis di Kesultanan Aceh Darussalam.



Destinasi lain di Kawasan Aceh


Koordinat: 5.5490, 95.3207
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam151
Wisata Buatan41
Wisata Budaya52
Taman Nasional7
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional