Upacara Yadnya Kasada

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KABUPATEN PROBOLINGGO, Jawa Timur

Yadnya Kasada adalah sebuah ritual masyarakat Jawa Kuno yang masih memegang adat ‘kejawen’. Ritual ini merupakan area suci tempat bersemayamnya para dewa dan roh leluhur sejak abad ke-14. Ritual ini adalah upacara adat umat Hindu suku Tengger yang diselenggarakan setiap tahun pada hari ke empat belas bulan Kasada. Bagi mereka, Gunung Bromo merupakan simbol agung singgasana Sang Hyang Widhi. Dengan melakukan ritual ini warga disibukkan dengan kegiatan adat untuk mempersiapkan peranti upacara.

 

Selain itu, Yadnya Kasada menjadi ajang untuk memilih dukun baru bagi tiap desa di Kawasan Tengger. Peranan dukun ini sangat penting karena untuk memimpin prosesi keagamaan, ritual adat, perkawinan dan lain sebagainya. Dalam prosesi ritual ini, para warga dengan membawa ongkek berisi sesaji neik menuju puncak Gunung Bromo untuk melarung sesaji berisi hasil bumi, uang dan ternak mereka ke dalam kawah gunung. Warga Tengger sangat percaya dengan diadakannya upacara ritual ini, akan dijauhkan dari musibah atau petaka juga ternak serta hasil buminya akan melimpah. 

 

Untuk pengunjung yang ingin datang ketika prosesi upacara berlangsung, dianjurkan untuk berpakaian hangat dan menggunakan sepatu gunung. Datanglah dua atau tiga hari sebelum prosesi dilakukan. Banyak penginapan yang telah disediakan di kawasan tersebut. 



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.0350, 113.0739
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam86
Wisata Buatan85
Wisata Budaya52
Taman Nasional6
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional