Candi Singosari

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KABUPATEN MALANG, Jawa Timur

Candi Singhasari merupakan candi Hindu - Buddha peninggalan bersejarah dari Kerajaan Singhasari berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia, sekitar 10 km dari Kota Malang. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, nama yang menunjukkan bahwa Candi Singasari adalah candi yang tertinggi pada masanya, setidaknya dibandingkan dengan candi lain di sekelilingnya.

 

Candi Singosari adalah adalah candi peninggalan kerajaan Singosari. Candi ini dibangun karena untuk penghormatan kepada raja Kartanegara dimana beliau adalah raja terakhir di kerajaan Singhasari. Hal tersebut terbukti pada sejarah candi yang telah diambil pada tulisan yang ada pada kitab Negarakertagama. Selain itu juga terdapat pada sebuah prasasti yang ditemukan pada pelataran candi yakni  Prasasti Gajah Mada. Dalam pembuatan Candi Singosari yaitu dengan cara , menumpuk  bebatuan andhesit sampai mencapai ketinggian tertentu. Lalu akan diteruskan untuk mengukirnya dari atas dan turun kebawah. Letak candi ini di lembah yang berada diantara gunung Arjuna dan pegunungan Tengger.

 

Akses menuju Candi Singosari sangat mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi roda 4, kendaraan roda 2 maupun bus pariwisata ukuran besar maupun kecil bahkan bisa juga menggunakan kereta api. ApabilaApabila menggunakan angkutan umum juga sangat mudah sekali di jangkau, karena letaknya tidak jauh dengan jalan utama Surabaya - Malang. 



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.8878, 112.6639
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam77
Wisata Buatan69
Wisata Budaya44
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya