Upacara Adat Unan-Unan

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KABUPATEN MALANG, Jawa Timur

Upacara Adat Unan-Unan diselenggarakan lima tahun sekali oleh suku Tengger, Desa Ngadas, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Setiap desa di Tengger wajib melaksanakan upacara ini. Upacara Unan-Unan bertujuan memberikan sedekah kepada alam san isinya, untuk mereka yang menjaga tempat-tempat sumber mata air, desa dan tanah pertanian. Upacara ini juga sering disebut dengan bersih desa. Maksudnya adalah membebaskan desa dari gangguan makhluk halus atau bhutakala sebagai tolak-balak serta permohonan penyucian terhindar dari penyakit dan terbebas dari segala penderitaan kehidupan. 

 

Upacara ini terakhir dilakukan pada 30 Desember 2012 lalu. Sehari sebelum upacar dimulai, warga suku Tengger menyembelih seekor kerbau yang akan dijadikan sesaji upacara tersebut. Kepala kerbau itu ditempatkan di keranda terbuka dan dilengkapi dengan berbagai ubo rampe seperti, 100 nasi takir, wajik, makanan tradisional juwadah, pasung, tetel, nogosari dan lainnya. Jajanan itu dibungkus dengan daun tlotok dan disertakan sirih kayu, pisang ayu, jambe ayu dan 100 biji sate yang ditempatkan di mulut kerbau. 

 

Dalam prosesi upacara Adat Unan-Unan ini, pengunjung dipersilahkan untuk mengikuti rangkaian acaranya. Bahkan sangat tidak diperbolehkan untuk menolak upacara ini karena dianggap tidak sopan serta menyinggung perasaan warga setempat. 



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.2313, 112.6301
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam75
Wisata Buatan68
Wisata Budaya39
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya