Arung Jeram Sungai Pekalen Atas

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KABUPATEN PROBOLINGGO, Jawa Timur

Sungai Pekalen Atas terletak di Desa Ranu Gedang, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sungai ini sangat terkenal dengan wahana olahraga arung jeramnya. Terletak 25 km dari Kota Probolinggo, tepatnya di antara tiga kecamatan yaitu, Kecamatan Titis, Maron dan Gading. Dan jalur sungai yang bisa diarungi berjarak 29 km dengan terbagi tida daerah.

 

Sungai Pekalen bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan. Sungai ini memiliki lebar 5-20 meter dengan tingkat kesulitan 2-3+ dari kedalaman air kurang lebih 1-3 meter.  Jarak untuk jalur Sungai Pekalen Bawah bermulai hingga selesainya arung jeram sepanjang 9 km. Sedangkan untuk jalur Sungai Pekalen Atas berjarak sepanjang 12 km dengan jumlah jeram 50 buah.

 

Olahraga arung jeram ini telah difasilitasi keamanan yang mumpuni. Disediakan pemandu di setiap jeramnya, biasanya disebut skipper. Kita juga akan menggunakan pelampung yang sudah disediakan. Perahu karet yang digunakan mampu meredam benturan bebatuan jeram.

 

Untuk merasakan olahraga ekstrim arung jeram ini, kita harus mengeluarkan uang sekitar Rp 200-300 ribu/regu. Agar dapat melakukannya, olahraga ini harus mempunyai regu yang berisikan minimal 5 orang dalam satu perahu karet.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.9301, 113.3691
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam76
Wisata Buatan68
Wisata Budaya38
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya