Gunung Semeru

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KABUPATEN LUMAJANG, Jawa Timur

Gunung Semeru berada di wilayah dua kabupaten yakni, Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Semuru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncak 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah gunung ini dikenal dengan nama Jonggring Saloko. 

 

Gunung Semeru mempunyai kawasan hutan Bukit, Hutas Atas, Hutan Montane dan Hutan Gunung. Iklim di wilayah ini bercurah hujan dan suhu dipuncak Semeru berkisar 0-4 derajat celsius. Suhu dingin disepanjang rute perjalanan bukan disebabkan oleh udara diam. Namun, disebabkan oleh kencangnya angin yang berhembus ke daerah kawasan tersebut. 

 

Tentu saja, kita dapat mendaki gunung ini. Namun harus melewati jalur lereng utara melalui Ranupane dan Ranu Kumbolo. Dengan menaiki Gunung Semeru, kita akan merasakan eksotisnya alam. Kita dapat melihat berbagai kawasan dari puncak gunung ini. Namun, sebelum mendaki, pastikan kita tidak sendiri dan melakukan brriefing atau sosialisasi pembekalan perihal peraturan pendakian. Pembekalan akan dilakukan di aula pos pendakian milik Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tiap dua jam sekali mulai 08.00 WIB. 

 

Selain itu, kita juga harus mempersiapkan perlengkapan mendaki, mulai dari baju sampai sepatu. Gunakan sepatu khusus untuk mendaki gunung. Hal ini menjauhkan dari kecelakaan ketika mendaki



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.1077, 112.9224
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam85
Wisata Buatan85
Wisata Budaya53
Taman Nasional6
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional