Air Terjun Madakaripura

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KABUPATEN PROBOLINGGO, Jawa Timur

Air Terjun Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di lereng Gunung Bromo. Air Terjun Madakaripura juga sering disebut Air Terjun Abadi, karena air yang dialirkan selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

 

Air Terjun Madakaripura juga dijadikan objek wisata mulai dari tahun 1986 sampai saat ini. Dengan membayar tiket Rp 11 ribu/orang, kita dapat merasakan kenyamanan yang alami di kawasan tersebut. Kita juga dapat menyewa guide lokal yang membawakan barang-barang jika diperlukan. Hal ini sangat dianjurkan bagi pengunjung yang belum pernah berwisata ke air terjun. Mengingat jalur yang akan dilalui dan bahaya akan bebatuan untuk menuju ke air terjun tersebut. Untuk keamanan pengunjung, kawasan ini memiliki pihak pengelola yang bertugas memantau keadaan sekitar kawasan air terjun tersebut.

 

Akses menuju Air Terjun Madakaripura harus berkendara dari Malang ataupun Probolinggo. Dari Probolinggo, kita dapat menaiki bus besar menuju Tongas. Setelah itu, berkendaralah dengan menggunakan angkutan umum menuju kawasan Air terjun Madakaripura. 



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -7.8541, 113.0082
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam72
Wisata Buatan68
Wisata Budaya37
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya