Bendungan Karangkates

Kawasan Bromo Tengger Semeru

KOTA MALANG, Jawa Timur

Bendungan Karangkates berada di desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Kota Malang. Bendungan ini berada di Jalan Raya Malang-Blitar. Bendungan Karangkates juga disebut dengan Bendungan Sutami dengan air berasal dari sungai Brantas. Bendungan ini dibangun sejak tahun 1975 dan selesai tahun 1977 diresmikan oleh Presiden Soeharto. Bendungan ini memiliki luas 6 hektar. Bendungan ini digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air. 

 

Bendungan Karangkates menjadi salah satu objek wisata di Malang. Disediakan berbagai fasilitas seperti, wahana olahraga, spot pemancingan ikan, lapangan tenis dan lapangan golf. Pengunjung dapat menikmati keindahan danau buatan dengan berperahu dan memancing. 

 

Wisata Karangkates memiliki dua lokasi taman wisata yaitu, taman wisata Karangkates tepatnya berada di sebelah utara bendungan Karangkates dan taman wisata Bendungan Lahor tepatnya di sebelah selatan bendungan Karangkates. Biaya tiketnya pun murah, hanya dengan Rp 7-10 ribu/orang dapat memasuki kawasan tersebut. 
Disana juga terdapat area camping ground, tepatnya di sisi timur ada dua pasang bangunan unik. Satu bangunan berbentuk segitiga sama kaki dengan atap yang nyaris menyentuh tanah. Namun, sampai saat ini bangunan tersebut sering dijuluki dengan rumah berhantu. 

 

Selain itu, di Bendungan Karangkates terdapat dua spot untuk berfoto. Yang pertama adalah sepeda onthel kuno dengan posisi menanjak yang ditopang dengan kerangka besi. Yang kedua berbentuk lingkaran matahari dari rating akar pohon dengan latar bendungan itu. 



Destinasi lain di Kawasan Jawa Timur


Koordinat: -8.1602, 112.4469
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam92
Wisata Buatan85
Wisata Budaya58
Taman Nasional6
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional