Bukit Teletubis

Kawasan Borobudur

KABUPATEN SLEMAN, DI Yogyakarta

Kita pasti tahu film teletubbies yang sering kita tonton sewaktu kecil dulu. Acara televise yang menampilkan empat tokoh boneka lucu berwarna ungu, hijau, kuning, dan merah yang dilengkapi dengan tabung televise di perut mereka. Mereka adalah Tinky Winky, Dipsy, Lala, dan Po. Dalam serial tersebut, mereka tinggal di sebuah rumah unik berbentuk separuh bola atau dome dan pada film tersebut, terdapat bukit hijau yang rapi dan indah. Ternyata, di Indonesia khususnya daerah Jogja, terdapat bukit yang mirip dengan bukit di film teletubbies. Namanya adalah bukit teletubbies Jogja atau bukit teletubbies prambanan karena letaknya yang berada di dekat daerah candi prambanan daerah Sleman, Jogjakarta. Di tempat ini terdapat sebuah perkampungan yang rumah-rumah penduduknya menyerupai teletubbies. Komplek rumah-rumah tersebut dikenal dengan nama Kompleks Rumah Dome, namun banyak juga warga yang menyebutnya sebagai Desa Teletubbies. Jika anda berkunjung ke Jogjakarta, sempatkanlah diri anda untuk berkunjung ke bukit teletubbies ini. Karena lokasi bukit ini tidak jauh dari objek wisata candi prambanan. Anda bisa berkunjung ke desa teletubbies ini dulu untuk melihat rumah-rumah penduduk, lalu melanjutkan perjalanan menuju bukit teletubbies yang letaknya tidak jauh dari desa ini.

Bukit Teletubbies Prambanan

           Bukit Teletubbies Prambanan

 

Awalnya, rumah-rumah dome yang berada di bukit teletubbies inidibangun sebagai tempat tinggal untuk para warga desa setelah terjadi gempa besarpada tahun 2006 yang dialami oleh Kota Jogja pada saat itu. Arsitektur rumah ini dirancanguntuk tahan terhadap gempa dan tahan terhadap api. Sejak saat itu, warga mulai tinggal di rumah dome ini.

Bentuk rumah yang unik ini membuat desa teletubbies ini ramai dikunjungi oleh wisatawan sehingga cocok untuk liburan atau tour ke jogja bersama keluarga. Mereka penasaran akan isi dari rumah dome tersebut. Meskipun bentuknya kecil, rumah dome ternyata memiliki beberapa ruang dan juga ada yangmimiliki dua lantai. Saat panas terik melanda, udara di rumah dome akan terasa dingin, sebaliknya saat hujan lebat, penghuninya kan terasa hangat. Selain rumah-rumah penduduk, ada juga sarana umum lain seperti mushola untuk muslim, klinik, dan aula yang berbentuk kubah berukuran besar. Pada hari minggu atau tanggal merah, biasanya akan ada orang yang mengenakan kostumbadut teletubbies yang lucu.Sehingga wisatawan yang datang berkunjung ke sana dapat berfoto sambil berpose bersama badut-badut Teletubbies. Sungguh sangat menarik bukan? Kapan lagi bisa berfoto dengan badut teletubbies yang sering kita lihat di televisi di desa teletubbies pula. Ini akan menjadi pengalaman yang sangat seru untuk dikunjungi. Selain itu, para wisatawan juga dapat mencicipi menaiki kereta kelinci untuk mengelilingi perkampungan.

Bukit teletubbies prambanan merupakan salah satu tempat wisata yang baru di kota Jogjakarta ini. Bukit Teletubbies Prambanan ini tempatnya sangat dekat sekali dengan tempat wisata tebing breksi dan tempat wisata candi ijo yang berada di prambanan. Di atas Bukit ini,anda juga bisa menikmati pemandangan sunset yang cantik.

Lokasi Bukit Teletubbies Prambanan

  Lokasi Bukit Teletubbies Prambanan

Bukit teletubbies prambanan memiliki pemandangan alam yang sangat indah untuk dilihat. Selain melihat pemandangan alam yang indah, kita dapat menikmati menghirup udara segar dan sejuk disini. Di bukit teletubbies prambanan pula kita dapat menaiki menara pandang yang lumayan tinggi. Kita dapat melihat hijaunya alam, tingginya gunung, serta keindahan kota Jogjadari menara pandang bukit teletubbies prambanan.Dan dari tempat ini juga kita akan bisa melihat perkampungan atau rumah teletubbies prambanan. Saat pagi hari, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Jogja yang tertutup kabut. Sedangkan pada saat sore hari kita bisa melihat betapa indahnya matahari terbenam dari atas menara pandang. Menara Pandang bukit teletubbies prambanan ini menjadi spot paling favorit bagi pengunjung untuk berfoto. Dengan menaiki menara pandang, pengunjung dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan kota Jogjakarta. Banyak sekali wisatawan yang penasaran dengan tempat ini dan ingin berfoto di atas menara pandang bukit teletubbies prambanan.

 

sumber:https://niagatour.com/bukit-teletubbies-prambanan/



Destinasi lain di Kawasan DI Yogyakarta


Koordinat: -7.8181, 110.5118
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam394
Wisata Buatan271
Wisata Budaya342
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional