EN  |  ID
Pulau Lengkuas
Kawasan Destinasi Pariwisata

Pulau Lengkuas

Kawasan Bangka Belitung
KABUPATEN BELITUNG, Kepulauan Bangka Belitung

Pulau yang berjarak 30 menit menggunakan kapal dari Tanjung Kelayang ini menjadi ikon Belitung. Kenapa menjadi ikon Belitung, karena sebuah mercusuar yang mendiami Pulau Lengkuas. Tour Hopping Island, Pulau Lengkuas berada diurutan kedua destinasi keliling pulau Tanjung Kelayang. Bangunan mercusuar itu seolah menjadi tugu selamat datang bagi para pelancong yang menaiki kapal-kapal kayu.

 

Mercusuar itu sendiri dibangun Belanda pada 1882, pada sebelah luar depanya terdapat plat baja dengan tulisan “Vervaardigd Door L.I. Enthoven & Co Fabrikanten Te Gravenhage” atau Mercusuar dibangun L.I. Enthoven. Mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai pemandu kapal yang masuk dan keluar melalui pelayaran laut Tanjung Binga dan sekitarnya. Menara yang menaungi pulau seluas satu hektar itu berdiri tegak dengan ketinggian 70 m. Tadinya wisatawan dapat menaiki ratusan anak tangga sehingga dapat melihat indahnya panorama laut sekitar Pulau Lengkuas. Sayangnya dengan alasan menjaga kelangsungan bangunan, saat ini pengunjung masih dilarang menaiki mercusuar.

 

Sebelum menapaki Pulau Lengkuas, pelancong Hopping Island berhenti untuk menikmati keindahan bawah laut perairan Lengkuas.  Spot snorkeling yang umumnya didatangi para wisatawan berada di sebelah kiri Pulau Lengkuas. Biota lautnya menarik karena tidak begitu dalam, kurang lebih hanya 2-5 meter.  Arusnya pun cukup tenang, jadi tanpa peralatan fins tidak akan terbawa arus. Belum puas bagi penikmat wisata menyelam bisa mendatangi kedalaman 22 meter dam menemukan  bangkai kapal Indomarine yang tenggelam tahun 1999. Kapal membawa hasil bumi itu banyak didatangi ikan sehingga nelayan menyukai titik tenggelamnya kapal Indomarine.

 

Terakhir jangan lupa menikmati kekhasan Pulau Lengkuas lainya, yaitu timbunan bebatuan granit yang biasa di pantai Belitung. Batu-batu berukuran sampai puluhan orang dewasa itu berada di depan dan sebelah kiri mercusuar. Spot foto langsung dapat dibayangkan pelancong dengan latar mercusuar yang menculang tinggi dan rimbunan bebatuan granit yang seperti menghimpit tubuh ketika berselfie di Lengkuas.



Destinasi lain di Kepulauan Bangka Belitung

Koordinat: -2.5372, 107.6210
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam4
Wisata Buatan0
Wisata Budaya0

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya

Paket Wisata


Atraksi


Pertunjukan Budaya

KegiatanWaktuLokasiKeterangan

Amenitas


Hotel
Restoran
ATMs

Hotel

NamaLokasiKeterangan

Restoran

NamaKeterangan
--

ATM

NamaKeterangan
--

Aksesbilitas


Stasiun
Terminal
Pelabuhan
Bandara
Lainnya

Stasiun Kereta Api

Nama StasiunJadwal KeretaKeterangan

Terminal

Nama TerminalJadwal Bus

Pelabuhan

Nama PelabuhanKeterangan
--

Bandara

Nama BandaraKeterangan

Lainnya

NamaKeterangan
--

Sebaran KPH


KPHP
KPHL
KPHK

Peta Sebaran KPHP

Peta Sebaran KPHL

Peta Sebaran KPHK

Indikator Analisis

Nilai Total: 0.00

Aspek Analisis

AspekNilaiAnalisisIndikator
Keamanan0.00Rendah
Ketertiban0.00Rendah
Kebersihan0.00Rendah
Kesejukan0.00Rendah
Keindahan0.00Rendah
Keramahan0.00Rendah
Kenangan0.00Rendah