Berburu Paus Lamalera

Kawasan Labuan Bajo

KABUPATEN LEMBATA, Nusa Tenggara Timur

Salah satu budaya Flores lainya yang menjadi pembeda dibanding daerah lain adalah kita dapat menyaksikan berburu paus di perairan Lamalera.  Di Kampung Lamalera, Kecamatan Wulandoni, KabupatenLembata, Nusa Tenggara Timur, kita bisa mengabadikan begitu kolosalnya warga sebelum memulai perburuan.

 

Tradisi berburu paus ini sangat menarik  sangat menarik disaksikan pengunjung.  Kita mendapati  ritual yang dilakukan kolosal oleh warga dan rohaniwan sebelum para nelayan mulai melaut. Banyak tradisikebudayaan  dari upacara keagamaan sampai atraksi seni dipertunjukan oleh warga sebagai  bagian menghormari leluhur.  Selesai acara ritual itu, wisatawan bisa menyaksikan langsung proses perburuanpaus yang menggunakan perahu kayu tradisional khas Flores.

 

Biasanya lebih dari tiga perahu akan melaut untuk berburu paus. Dari pantai atau ikut di salah satu kapal bisa kita lakukan untuk menyaksikan aksi juru tikam paus (lamafa) ketika menemui buruanya di laut.
Tidak kalah menarik untuk diliat adalah kebiasaan warga setelah sang paus berhasil ditangkap dan secara berkelompok menarik paus ke bibir pantai. Pemotongan dan pembagian daging paus dengan adilmenjadi  daya tarik lain pengunjung ke Lamalera. Anda belum pernah menyentuh hewan laut bertubuh besar ini, singgahlah ke Lamalera.



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Timur


Koordinat: -8.5697, 123.3991
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam45
Wisata Buatan5
Wisata Budaya29
Taman Nasional2
  • Share Via