Danau Tiga Warna Gunung Kelimutu

Kawasan Labuan Bajo

KABUPATEN ENDE, Nusa Tenggara Timur

Terletak sebelah timur Kota Ende, danau Kelimutu menjadi obyek wisata yang sulit disamakan keindahanya. Danau itu dikenal sebagai danau tiga warna. Airnya berwarna merah, biru, dan putih, yang sewaktu-waktu bisa berubah.

Ketiga danau dinamai sesuai dengan keyakinan warga lokal. Danau terdalam, sekitar 127 meter, disebut Tiwu Nua Muri Koo Fai (Danau Pemuda dan Gadis). Di bagian tenggara terdapat Tiwu Ata Polo aliasDanau yang Mempesona sedalam 64 meter, yang diperkirakan menjadi salah satu sumber air Sungai Ria Mbuli yang mengalir di Gunung Kelimutu.  Setengah kilometer dari puncak, terdapat Tiwu Ata Mbupu (Danau Orang Tua) dengan kedalaman 67 meter.

Tak ada jadwal dan pola perubahan warna yang pasti di ketiga danau itu.  Sampai tahun 2011 warna air Ata Polo berubah 44 kali, Nua Muri Koo Fai berubah warna 25 kali, dan Ata Mbupu 16 kali bersalin warna.  Namun biasanya para pelancong sengaja memilih matahari terbit untuk menyaksikan keindahan danau bersalin rupa itu.  Pelancong bisa menyusuri jalan setapak menuju puncak Gunung yang diselimuti kabut. Saat sinar makin terang, tampaklah Danau Kelimutu, berupa kawah di antara puncak gunung. Disitulah momen paling indah Danau Kalimutu yang ditunggu. Unik kan.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Arif Fadillah



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Timur


Koordinat: -8.7661, 121.8142
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam43
Wisata Buatan5
Wisata Budaya32
Taman Nasional2
  • Share Via