Air Terjun Jembatan Batu

Kawasan Morotai

KABUPATEN HALMAHERA UTARA, Maluku Utara

Jika Anda berkunjung ke Maluku, jangan melewatkan untuk mengeksplor keindahan alam yang luar biasa menakjubkan. Salah satu tempat wisata Maluku Utara yang wajib dikunjungi adalah Air Terjun Jembatan Batu. Namanya yang unik terilhami dari bentuk bebatuan di depannya yang membentuk semacam jembatan batu alami.

Air Terjun Jembatan Batu merupakan obyek wisata alam yang berjarak sekitar enam kilometer di sebelah barat Desa Mede, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Air terjun setinggi sepuluh meter yang berada di dalam kawasan hutan Mede ini memiliki keistimewaan yang terletak pada lokasi sekitar air terjun tersebut. Keistimewaan tersebut terletak pada bebatuannya yang berbentuk seperti sebuah jembatan batu alami. Inilah yang menjadikan daya tarik obyek wisata ini.

 

Sensasi yang dirasakan saat melihat panorama Air Terjun Jembatan Batu dari atas sangatlah unik. Seperti melihat kolam renang dari atas atap yang berlubang. Namun sayang, bila hujan turun air terjun ini berwarna coklat bercampur dengan tanah. Tapi, jika tidak hujan air yang menggenang di kolamnya berwarna biru kehijauan. Dasar kolam tempat jatuhnya air bertekstur dominan pasir. Sisi kiri-kanan dasar lembah tempat aliran air terjun masih sangat asri ditumbuhi berbagai tumbuhan besar/kecil, dan di bagian sepanjang aliran airnya ada banyak batuan kali betebaran. Di langit-langit jembatan batu terlihat cukup banyak sarang burung wallet –mungkin– dan banyak burung lain beterbangan di sekitar kolam air terjun.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Arie Basuki



Destinasi lain di Kawasan Maluku Utara


Koordinat: 1.5076, 127.8988
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam142
Wisata Buatan9
Wisata Budaya33
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional