Festival Teluk Jailolo

Kawasan Morotai

KABUPATEN HALMAHERA BARAT, Maluku Utara

Teluk Jailolo merupakan salah satu kebanggaan Halmahera Barat (Halbar). Jailolo adalah teluk yang dikelilingi pemandangan luar biasa. Kondisi alam yang masih asri membuat Jailolo disebut sebagai surga tersembunyi di Halbar. Teluk yang berada di antara pulau Ternate, Tidore dan Pulau Halmahera ini sudah dikenal dengan keindahan alam wisata bawah laut yang menakjubkan. Sehingga menjadi salah destinasi wisata khusus untuk para penyelam.

Setiap tahun, di teluk ini digelar Festival Teluk Jailolo (FTJ). Perhelatan ini merupakan festival budaya tahunan yang selalu diadakan pada bulan Mei. Layaknya festival budaya, FTJ juga digelar dengan misi promosi wisata. Selain itu, juga sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Halbar kepada Tuhan atas hasil bumi yang melimpah.

Setiap tahun, FTJ selalu menyuguhkan pagelaran seni budaya Moloku Kie Raha, gelar kuliner tradisional dan panggung budaya, serta upacara adat atau ritual. Seperti, Orom Sasadu, Sigofi Hohu dan Segofi Ngolo merupakan tiga ritual yang rutin dilakukan masyarakat Teluk Jailolo. Selama enam hari, sebanyak tujuh suku yakni Suku Gorap, Suku Sahu, Suku Jailolo, Suku Motiloa, Suku Wayoli, Suku Loloda dan Suku Tabaru, akan menggelar atraksi seni sebagai penutup rangkaian acara per hari.
Selain menikmati pentas seni budaya, pengunjung juga bisa wisata kuliner dengan mencicipi makanan dan minuman khas Jailolo. Berbagai sajian makanan tradisional dalam Pasar Jajanan Khas Halbar akan digelar hingga acara usai.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Rully Kesuma



Destinasi lain di Kawasan Maluku Utara


Koordinat: 1.0708, 127.4652
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam141
Wisata Buatan10
Wisata Budaya34
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional