Bangkai Kapal Jepang

Kawasan Morotai

KABUPATEN HALMAHERA UTARA, Maluku Utara

Berwisata asyik tidak harus jalan-jalan menikmati indahnya danau, laut, pegunungan, atau pantai. Wisata ke bangkai kapal akan menjadi sesuatu yang istimewa dalam hidup. Salah satunya, objek wisata sejarah Kapal Toshimaru, yang karam di laut Halmahera Utara. Sebuah kapal perang Jepang eks perang dunia II hingga kini masih terkapar di sekitar teluk Kao Halmahera Utara, Maluku Utara, sekitar 800 meter dari pantai Novagita Bangkai kapalnya patah dua. Satunya di pantai desa Ngofagita, Kecamatan Malifut, dan satunya lagi di depan pantai Kao Teluk, Halmahera Utara, Maluku Utara.

Kapal Toshimura sudah berada di Malifut sejak 1944. Kala itu, kehadirannya untuk melindungi pangkalan angkatan laut Kekaisaran Jepang yang berpusat di Kao, Halmahera Utara, untuk wilayah Pasifik Barat bagian Selatan. Kapal milik Jepang yang dibom Amerika dan sekutunya ini oleh warga setempat disebut Kapal Busu atau Kapal Tua dalam bahasa Indonesia. 

Bangkai kapal rusak masih terlihat dari pantai Kao dan Malifut. Namun menurut keterangan penduduk setempat kondisi kapal tak lagi seutuh dulu. Banyak besi dari bagian badan kapal perang itu sudah berkurang  Kapal tersebut kini menjadi salah satu obyek wisata di Maluku Utara yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar Kabupaten Halmahera Utara.

 

sumber: TEMPO, datatempo.co/Nita Dian



Destinasi lain di Kawasan Maluku Utara


Koordinat: 1.1455, 127.8332
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam143
Wisata Buatan8
Wisata Budaya33
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional