Suaka Margasatwa Muara Angke

Kawasan Jakarta

KOTA JAKARTA UTARA, DKI Jakarta

Suaka Margasatwa Muara Angke adalah sebuah kawasan konservasi di wilayah hutan bakau (mangrove) di pesisir utara Jakarta. kawasan ini termasuk wilayah Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Pada sisi utaranya terdapat hutan lindung Angke-Kapuk yang berada di dalam wewenang Dinas Kehutanan DKI Jakarta.

Vegetasi awal di Suaka Margasatwa Muara Angke adalah hutan mangrove pantai utara Jawa, dengan keanekaragaman jenis yang cukup tinggi. Tercatat sekitar 30 jenis 

tumbuhan dan 11 di antaranya adalah jenis pohon, yang hidup disini. Suaka Margasatwa Muara Angke  juga merupakan tempat tinggal aneka jenis burung dan berbagai satwa lain yang telah sulit ditemukan di wilayah Jakarta lainnya. Tercatat seluruhnya ada 91 jenis burung, yakni 28 jenis burung air dan 63 jenis burung hutan, yang hidup di wilayah ini.

 

Di Suaka Margasatwa Muara Angke masih dijumpai kelompok-kelompok liar monyet ekor panjang. Mereka hidup berkelompok hingga belasan ekor yang terdiri dari beberapa 

jantan dan betina. Monyet ekor panjang memiliki peranan yang penting di dalam Suaka Margasatwa Muara Angke, karena membantu penyebaran biji-bijian tumbuhan hutan. Jenis mamalia lain yang dapat ditemukan di Suaka Margasatwa Muara Angke, akan tetapi jarang terlihat, adalah berang-berang cakar-kecil. Juga menjadi tempat hidup berbagai spesies reptilia seperti biawak air, ular sanca kembang, ular sendok Jawa alias kobra Jawa, ular welang, ular kadut belang, ular cincin mas, ular pucukdan ular bakau.



Destinasi lain di Kawasan DKI Jakarta


Koordinat: -6.1158, 106.7676
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam103
Wisata Buatan111
Wisata Budaya143
Taman Nasional10
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional