Benteng Tolukko

Kawasan Morotai

KOTA TERNATE, Maluku Utara

Bagi yang suka berwisata sejarah, destinasi yang satu ini bisa menjadi rekomendasi. Salah satu saksi sejarah yang masih ada hingga saat ini adalah Benteng Tolukko. 

Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang berada di Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Benteng Tolukko dibangun oleh seorang panglima Portugis yang bernama Fransisco Serao, pada tahun 1540 sebagai pertahanannya dalam menguasai cengkih.

Benteng ini berada pada tempat yang sangat strategis karena sangat dekat dengan wilayah perairan, berada di puncak bukit yang cukup tinggi dan dapat menjadi tempat sempurna untuk mengawasi segala gerak-gerik yang terjadi di Istana Kesultanan Ternate. Benteng ini terbentuk dari tiga buah bastion atau kubu pertahanan yaitu, ruang bawah tanah, halaman dalam, lorong serta bangunan utama berbentuk segi empat. Konstruksi bangunannya terbuat dari campuran batu kali, batu karang, pecahan batu bata yang direkat oleh campuran kapur serta pasir. 

Benteng yang pada awalnya bernama Santo Lucas ini sebagai pertahanan sekaligus pusat penyimpanan rempah-rempah asli Ternate yang akan mereka perdagangkan. Tempat wisata sejarah ini terbilang sangat terawat. Rumput-rumput dan tanaman terlihat tertata rapi di sekitar benteng. Di luar area kamu bisa menemukan banyak kios yang menjual souvenir.

 

 

sumber: TEMPO, datatempo.co/Rully Kesuma



Destinasi lain di Kawasan Maluku Utara


Koordinat: 0.8138, 127.3882
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam143
Wisata Buatan9
Wisata Budaya33
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional