Danau Tolire Besar

Kawasan Morotai

KOTA TERNATE, Maluku Utara

Danau yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate dan memiliki bentuk yang unik dan juga memiliki cerita legenda yang menarik, namanya danau Tolire. Danau Tolire adalah danau yang terletak di Ternate, Maluku Utara dan berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertingi di Maluku Utara. Danau itu sendiri terdiri dari dua buah. Masyarakat setempat menyebutnya Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Jarak antara keduanya hanya sekitar 200 meter.

Dari kedua danau ini, Danau Tolire Besar memiliki keunikan tersendiri. Danau ini menyerupai loyang raksasa. Dari pinggir atas hingga ke permukaan air danau dengan kedalaman sekitar 50 meter dan luas sekitar 5 hektare. Air tawar di Danau Tolire Besar yang berwarna coklat kekuning-kuningan merupakan tempat tinggal bagi berbagai macam ikan.

Keunikan lain dari danau ini adalah kalau melempar sesuatu ke danau, bagaimanapun kuatnya lemparan dengan menggunakan batu atau benda lain, misalnya, tidak akan pernah menyentuh air danau. Padahal saat melempar dari pinggir atas danau, air danau terlihat berada di bawah kaki si pelempar. Barangkali mereka yang pertama kali berkunjung ke danau itu, tidak akan percaya dengan fakta itu.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Aditia Noviansyah



Destinasi lain di Kawasan Maluku Utara


Koordinat: 0.8362, 127.3075
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam142
Wisata Buatan9
Wisata Budaya33
Taman Nasional4
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional