Wot Batu

Kawasan Bandung

KABUPATEN BANDUNG, Jawa Barat

Bosan ke tempat wisata yang biasa-biasa saja? Silakan datang ke Selasar Sunaryo di JalanBukit Pakar Timur No 98. Di sana terdapat galeri seni yang bernama Wot Batu. 

 

Perupa senior Sunaryo membangun situs batu besar (megalitikum) dengan sentuhan seni itu di lahan seluas 2.000 meter persegi. Ada Batu Merenung dan Batu Air bagi pengunjung yang ingin datang untuk bersantai di tempat ini. 

 

Dibuka untuk umum sejak 2016, Wot Batu menjadi monumen dengan aneka batu dan ukurannya. Batu yang menonjol berukuran besar hingga seluas kasur dan ada yang menjulang. Beratnya mencapai ukuran ton. . Bebatuan besar dan kecil di Wot Batu Bandung tidak hanya berasal dari Indonesia. Beberapa diantaranya juga datang dari India, Italia, dan Arab Saudi. Sebagian batu itu harus menempuh perjalanan yang tidak selalu mulus.

 

Wot Batu punya alur khusus bagi pengunjung dan bermakna. Lorong selebar satu meter setelah pintu masuk misalnya, merupakan awal perjalanan pengunjung. Lorong seperti gang itu simbol jalur asal muasal manusia, perjalanannya, hingga berakhir di dunia fana. Petunjuknya berupa tiang batu kehitaman berbentuk silinder setinggi hampir dua meter.

 

Tiang batu perlambang lingga atau alat kelamin lelaki yang tertancap di kolam air sebagai yoni atau alat reproduksi wanita, merupakan simbol asal muasal manusia dari Adam dan Hawa. Kemudian di tengah jalur berjalan itu ke arah timur, ada sebuah batu kecokelatan yang ditata dan dibentuk seperti sebuah perahu sebagai simbol perjalanan hidup. Beberapa meter kemudian sampailah ke gerbang atau pintu kematian.



Destinasi lain di Kawasan Jawa Barat


Koordinat: -6.8597, 107.6361
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam106
Wisata Buatan101
Wisata Budaya136
Taman Nasional9
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional