Gua Rangko

Kawasan Labuan Bajo

KABUPATEN MANGGARAI BARAT, Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur tak hanya terkenal dengan Labuan Bajo yang keindahannya sudah mendunia, tetapi terdapat pula Gua Rangko yang tak kalah cantiknya. Gua yang berada di Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur itu memiliki panorama apik nan menakjubkan. Belum banyak yang tahu keberadaan gua ini. Menurut warga sekitar, air di gua ini berasal dari rembesan air laut. Jadi selain asin, kedalamannya tergantung pasang surut air laut.

Saat tiba di lokasi, wisatawan akan disambut bibir gua yang kecil. Walau ukurannya tidak besar, tetapi pintu masuk ini menjadi gerbang melihat surga terpendam tersebut. Kolam dengan air biru telah terlihat. Decak kagum langsung keluar dari bibir begitu melihat biru dan beningnya 'kolam renang'. Kolam tersebut seperti milik pribadi. Bukan air payau, tetapi kolam unik ini justru dipenuhi dengan air asin. Air yang bersumber dari laut itu masuk ke dalam rongga atau celah yang menghubungkan kolam di gua dan laut lepas.

Pemandangan Goa Rangko juga sangat indah. Stalaktit dan stalagmit bertebaran di sekeliling gua. Sambil berenang, wisatawan akan ditemani dengan jajaran stalaktit yang menghiasi bagian dalam gua. Suasana gua yang hening dan sunyi semakin membuat kolam tersebut layaknya kolam renang pribadi. Jika tertarik untuk mengunjungi Gua Rangko, datanglah pada pukul 12.00 hingga 14.00 WITA, karena di jam tersebut merupakan waktu terbaik untuk menjelajah gua. Sinar matahari akan membantu menyinari gua yang gelap.

 

Sumber: TEMPO, Shutterstock



Destinasi lain di Kawasan Nusa Tenggara Timur


Koordinat: -8.4327, 119.9640
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam53
Wisata Buatan5
Wisata Budaya36
Taman Nasional3
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional