Bukit Punthuk Setumbu

Kawasan Borobudur

KABUPATEN MAGELANG, Jawa Tengah

Banyak wisatawan mengatakan sunrise di Candi Borobudur sangat indah. Itu benar. Namun di mana spot paling menarik untuk menikmati sunrise dengan latar depan Candi Borobudur yang menawan? Jawabnya, Punthuk Setumbu. Spot ini terletak di Dusun Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Pengejar matahari terbit berada di tempat ini sejak pukul 04.00. Ada toilet, musala, warung, dan tempat istirahat di dekat posko resmi. Untuk masuk ke areal Punthuk Setumbu, Anda harus bayar Rp 15 ribu.

Dari atas bukit Punthuk Setumbu, saat langit masih gelap, pengunjung bisa menyaksikan lampu-lampu rumah penduduk. Ada dua lampu besar di tengah. Itulah Candi Borobudur. Sebelum menikmati sunrise, upayakan istirahat sejenak di bangku panjang. Saat azan subuh berkumandang, secepatnya tunaikan salat agar tidak tertinggal saat matahari muncul dari kaki langit. Tidak hanya sunrise, dari Punthuk Setumbu pengunjung bisa mengabadikan Candi Borobudur berbalut kabut tipis. Tentu saja setelah lampu rumah penduduk mulai padam.

Semula, Punthuk Setumbu diburu wisatawan lokal dan fotografer profesional. Kini, siapa pun bisa menyambanginya. Wisatawan mancanegara rela tak tidur untuk sampai ke tempat ini lebih awal, tidak hanya demi sunrise, tapi untuk menyaksikan kemegahan Candi Borobudur dari spot yang tak biasa.

 

Sumber: TEMPO, datatempo.co/Subekti



Destinasi lain di Kawasan Jawa Tengah


Koordinat: -7.6068, 110.1776
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam349
Wisata Buatan236
Wisata Budaya338
Taman Nasional11
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional