Kuburan Alam Bangka

Kawasan SULAWESI SELATAN

KABUPATEN LUWU, Sulawesi Selatan

Indonesia mungkin hanya mengenal kuburan alam yang ada di Tana Toraja. Kuburan alam yang juga dikenal dunia. Tapi di Pantilang ada banyak kuburan alam yang tidak pernah terekspos sama sekali. Salah satunya adalah kuburan alam yang di sebut Bangka oleh masyarakat sekitar terletak di Desa Pantilang, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

Kuburan Alam ini tak kalah menariknya dengan kuburan alam yang ada di Tana Toraja. Terletak tepat di bawah kaki gunung batu Buntu Se’pon. Keberadaan dari kuburan alam ini adalah sebuah misteri. Tak ada yang tahu siapa-siapa saja yang dimakamkan di sana.

Menurut masyarakat setempat kuburan-kuburan itu sudah ada jauh sebelum mereka ada. Tidak ada petunjuk apa pun yang dapat menyingkap kuburan itu selain ukiran-ukiran bergambar kepala kerbau yang terletak di setiap peti. Ukiran-ukirannya sederhana sekali dan tidak sesempurna dengan ukiran-ukiran khas masyarakat Toraja zaman sekarang.

Terhitung ada tujuh peti penampungan di sana berukuran kira-kira 300 cm x 50 cm dengan kedalaman kira-kira 100 cm. Setiap peti berisi puluhan tumpukan kerangka dan tengkorak manusia.


sumber: visitingluwu.com



Destinasi lain di Kawasan Sulawesi Selatan


Koordinat: -3.1050, 120.0607
Destinasi di Sekitar

KategoriJumlah
Wisata Alam154
Wisata Buatan103
Wisata Budaya95
Taman Nasional8
  • Share Via

Destinasi di Sekitar


Wisata Alam
Wisata Buatan
Wisata Budaya
Taman Nasional